Home NasionalNusantara Pekerja Migran Melahirkan Saat Jalani Karantina

Pekerja Migran Melahirkan Saat Jalani Karantina

oleh Akbar Surya

Bayi Hasanah saat diberi pertolongan medis. (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Pamekasan Madura melahirkan seorang bayi perempuan saat menjalani masa karantina di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Kamis (22/7/2021). Perempuan bernama Hasanah itu melahirkan
bayinya secara normal yang dibantu oleh seorang dokter umum di poli Asrama Haji.

Menurut Ketua Tim Trenggana Satpol PP Jatim, M Solihin, pihaknya awalnya mendapat pemberitahuan tentang pekerja migran yang hendak melahirkan itu, pada Kamis pagi. “Alhamdulillah prosesnya lancar dan bayi perempuan lahir sekitar pukul 08.20 WIB,” ujarnya.

Saat pertama kali mendengar laporan ada pekerja mau melahirkan, pihaknya bersama para anggota langsung melepas baju hazmat dan menyeterilkan diri dengan menyemprot disinfektan ke seluruh tubuh mereka. Lalu menuju gedung B1 kamar 214 yang menjadi kamar karantina bagi Hasanah yang hendak melahirkan.

Saat itu, tempat tidur Hasanah sudah mulai banyak dibanjiri darah. Petugas mencarikan kain ihram dan menyiapkan air hangat untuk membantu proses persalinan. Mereka menggunakan kain ihram karena hanya kain yang biasa digunakan orang untuk berhaji itulah yang tersedia di koperasi Asrama Haji di Sukolilo tersebut.

Selanjutnya, bayi yang baru berusia 8 bulan dalam kandungan itu lahir dalam kondisi terlilit tali pusar. Tapi beruntung bisa diatasi oleh dokter yang membantu proses persalinan.

Selanjutnya, ia bersama dokter pun membersihkan sang bayi dan membalutnya dengan kain ihram. Selanjutnya, bayi perempuan yang kondisi lemah itu langsung dirujuk RS Haji, agar bisa dirawat dengan inkubator.***

Tinggalkan Komentar