Home NasionalNusantara Nyambi Edarkan Sabu, Pengamen Topeng Monyet Diringkus Polisi

Nyambi Edarkan Sabu, Pengamen Topeng Monyet Diringkus Polisi

oleh Akbar Surya

Barang bukti yang diamankan dari pengamen topeng monyet. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Sepasang suami istri yang berprofesi sebagai pengamen topeng monyet diringkus polisi karena mengedarkan narkoba jenis sabu. Keduanya, pasangan RH (52) dan SN (40) mengaku menjalankan bisnis haramnya itu karena penghasilannya menyusut akibat pandemi Covid-19.

Menurut Kasat Reserse Narkoba Polrestabes Surabaya, Kompol Daniel Marunduri, Polisi yang meringkus kamar kos pasangan ini di kawasan Sidotopo Surabaya juga menemukan barang bukti 6,94 gram sabu-sabu. “Kami menemukan 8 bungkus plastik klip, dua alat isap sabu, pipet kaca, dan sebuah timbangan elektrik di kamar kos mereka,” ujarnya, Senin (8/11/2021).

Pasangan ini mengaku hanya mengandalkan pemasukan dari profesinya sebagai pengamen topeng monyet di berbagai lokasi di Surabaya. Tapi sejak pandemi, jumlah saweran yang mereka terima sudah jauh berkurang.

Kepada polisi, mereka mengaku mendapatkan barang haram itu dari seseorang berinisial CC. Selanjutnya, sabu-sabu itu dipecah dalam kemasan kecil-kecil untuk diedarkan.

Pasangan suami istri ini mendapatkan keuntungan Rp300 ribu per gram sabu-sabu yang mereka jual belikan. Selain menjadi pengedar, keduanya juga mengaku mengkonsumsi sendiri narkoba itu untuk menghilangkan stres.

Oleh polisi, pasangan nikah siri in akan dijerat Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) Subs Pasal 112 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.***