Home NasionalNusantara Kapal Nelayan Tenggelam, 6 ABK Hilang

Kapal Nelayan Tenggelam, 6 ABK Hilang

oleh Akbar Surya

Kapal tenggelam. (Ilustrasi)

FAKTUALid – Enam orang hilang dan 4 lainnya selamat saat sebuah kapal penangkap ikan, tenggelam di perairan Pantai Plengkung, kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Senin (2/8/2021) sore. Hari ini SAR (Search and Rescue) gabungan melakukan pencarian terhadap 6 penumpang yang tak kunjung ditemukan.

Menurut Koordinator Pos Basarnas Banyuwangi, Wahyu Setya Budi, saat kejadian, kapal motor (KM) Bintang Sonar itu membawa 10 anak buah kapal (ABK). “Kami baru mendapatkan informasi sekitar pukul 17.00 WIB,” ujarnya, Selasa (3/8/2021).

Empat ABK yang selamat masing-masing Budi, Andi Hadi, Mulyono dan Sugianto, yang semuanya warga Palodem, Tembokrejo, Muncar. Sementara 6 lainnya yang masih dalam proses pencarian adalah Dul, Habibi, Endik, Haris, Erman, Wahyu.

Kronologis kejadian bermula saat kapal yang sudah membawa hasil tangkapan ikan itu, berencana pulang ke Pelabuhan Muncar. tapi di tengah perjalanan sekitar pukul 14.10 WIB. Kapal selerek Bintang Sonar itu diterpa angin kencang disertai hujan dan gelombang besar.

Kapal yang masih berada di sekitar perairan Batu Dua, Tanjung Bantengan itu kemasukan air dan lambat laun mulai tenggelam. “Kami langsung menyelamatkan diri dengan alat seadanya,” ujar salah satu ABK, Budi.

Semua ABK melompat ke laut dan berenang ke laut dengan bantuan peralatan seadanya. Belakangan diketahui ada 6 orang ABK yang tidak lagi bersama mereka.

Usai mendapat laporan, tim Basarnas berencana melakukan pencarian. Tapi karena kondisi yang gelap dan kondisi gelombang yang sangat tinggi, proses pencarian baru akan dilakukan hari ini.

Hingga saat ini, keempat ABK KM Bintang Sonar sudah mendapatkan perawatan intensif. Mereka saat ini dalam kondisi sehat.***

Tinggalkan Komentar