Home NasionalNusantara Jadi yatim Piatu, Biaya Pendidikan Bocah Gresik Dijamin Hingga Sarjana

Jadi yatim Piatu, Biaya Pendidikan Bocah Gresik Dijamin Hingga Sarjana

oleh Akbar Surya

Achmad Fakhrur Rozi saat bersama Bupati Gresik. (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Bocah yatim piatu yang kedua orangtuanya meninggal karena terpapar Covid-19, akhirnya dijadikan anak angkat oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani). Bocah bernama Achmad Fakhrur Rozi (11) yang kini diasuh oleh saudara ibunya itu, akan dijamin kesehatan dan biaya pendidikannya oleh Pemkab Gresik, hingga menjadi sarjana.

Menurut Bupati Gresik, Fandi Ahmad Yani, beasiswa hingga pendidikan S1 dan jaminan kesehatan itu memang tidak sebanding dengan kondisi bocah yatim tersebut yang harus kehilangan kedua orangtuanya. “Kepala desa maupun keluarga yang nantinya menemani jika Rozi mengalami sakit, langsung dibawa ke fasilitas kesehatan,” ujarnya, Jum’at (16/7/2021).

Seperti diketahui, Achmad Fakhrur Rozi adalah anak pasangan Fakhrudin (39) dan Mazrotul Afiroh (31). Ibu kandungnya Mazrotul yang sedang hamil 7 bulan yang kondisinya sedang drop tak kunjung mendapatkan perawatan rumah sakit, karena semuanya dipenuhi pasien Covid-19..

Warga Desa Gredek Kecamatan Dudusampeyan Gresik yang juga terpapar Covid-19 itu akhirnya mendapat perawatan di RSUD setelah membawa bed milik puskesmas Gredek ke rumah sakit. Tapi karena kondisinya yang terlanjur parah, bayi yang ada di dalam kandungannya tak bisa diselamatkan.

Tak lama kemudian, sang ibu menghembuskan nafasnya yang terakhir, selang beberapa jam kemudian. Keesokan harinya, sang ayah yang diduga kelelahan karena mencarikan rumah sakit hingga mengurusi pemakaman, ternyata ikutan meninggal dunia.

Menurut Kepala Desa Gredek Kecamatan Dudusampeyan Gresik, Mohammad Bahrul Ghofar, pasangan suami istri itu meninggalkan seorang anak Achmad Fakhrur Rozi yang masih duduk di bangku kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. Smentara, jazad kedua orangtuanya, berikut sang adik yang meninggal di dalam kandungan, sudah dimakamkan berdampingan di Desa Gredek, Duduksampeyan, Gresik.

Bupati Gus Yani nantinya mempersilakan Rozi untuk mwminta restu pada kakek dan saudara untuk skeolah di mana. “Kita pastikan pendidikan Fakhrur Rozi, SMP, SMA sampai S1 kita fasilitasi. Jadi terserah adik mau sekolah dimana,” ujarnya.

Kepala Desa Gredek, Bahrul Ghofar mengucapkan banyak terimakasih atas kebijakan Pemkab karena membantu meringankan. “Saya apresiasi sekali kebijakan diambil bupati,” ujarnya.***

Tinggalkan Komentar