Connect with us

Nusantara

Dekati Ramadhan, Makam Gus Dur Makin Dijubeli Peziarah

Avatar

Diterbitkan

pada

Pintu Mausk menuju komplek makam Gus Dur.

FAKTUAL-INDONESIA: Makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, semakin banyak dijubeli peziarah saat mendekati Bulan Suci Ramadhan seperti sekarang. Pihak pengurus Ponpes Tebuireng bahkan menyebut jumlah peziarah mencapai 10 ribu hingga 15 ribu orang dari berbagai daerah, setiap harinya.

Menurut Pengurus Ponpes Tebuireng, Ustadz Iskandar menjelaskan, jumlah peziarah di makam Gus Dur meningkat pesat sejak dua pekan terakhir. “Sejak masuk bulan Sya’ban sudah pertengah mendekati Ramadaan ini jumlah peziarah terus meningkat,” ujarnya, Minggu (27/3/2022).

Dalam kondisi normal, pihak pengurus mencatat jumlah peziarah rata-rata hanya 3 ribu orang perhari. Kali ini pihak Ponpes Tebuireng sudah memberlakukan jam ziarah setiap hanya pukul 08.00 hingga 13.00 WIB saja.

Di kompleks makam Tebuireng itu, selain makam Gus Dur juga terdapat makam kiai yang sangat dihormati, yakni pendiri NU Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari dan beberapa tokoh lainnya.

Tradisi ziarah makam menjelang Bulan Ramadhan dilakukan dengan cara menggelar doa bersama. Mereka datang untuk mendoakan orang tua serta ulama-ulama panutan mereka yang dianggap lebih dekat dengan Allah SWT tersebut.

Advertisement

Para peziarah menggelar zikir tahlil di depan pusara Gus Dur, Gus Sholah dan Kiai Haji Hasyim Asyari. Ribuan orang juga nampak rela berdesakan agar bisa menggelar doa bersama.

Mereka memenuhi setiap sudut komplek pemakaman di pondok pesantren yang didirikan Hadratus Syhaik Kiai Haji Hasyim Asyari, ini. Selain dari Jawa Timur dan sekitarnya, para peziarah juga datang dari berbagai wilayah lain di Pulau Jawa.

Salah seorang peziarah asal Tegal, Budiman mengaku ikut rombongan berziarah ke makam Tebuireng. “Kmai datang untuk mengenang jasa-jasa KH Hasyim Asy’ari dan Gus Dur. Kami sangat menghormati beliau-beliau,” ujarnya.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement