Connect with us

Nasional

Pesawat Batik Air Ngerem Mendadak, Ini Cerita Dokter Boyke

Avatar

Diterbitkan

pada

Pesawat Batik Air alami ngerem mendadak. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6263 dari Bandara Soekarno-Hatta tujuan Makassar mengerem mendadak. Dokter Boyke Dian Nugraha yang menjadi salah satu penumpang dari pesawat tersebut, menceritakan kejadiannya.

Menurut Boyke, pesawat dijadwalkan berangkat dari Bandara Soetta pada Sabtu (7/30/2022), pukul 05.30 WIB. Namun kru pesawat mengumumkan pesawat harus mengisi bahan bakar dulu, sehingga ditunda hingga pukul 07:10 pesawat lepas landas.

Boyke menyebut pesawat dalam kondisi lari untuk akhirnya lepas landas. Namun, tiba-tiba pesawat mengerem mendadak dan membuatnya kaget

“Akhirnya pas kita berangkat jam 7.10 kira-kira mau naik mungkin 15 detik lagi terbang karena sudah ngung. Saya kan sering naik pesawat ya, tiba tiba direm. Itu yang namanya jantung deg-degan, artinya sudah ngangkat ke atas tiba tiba direm,” kata Boyke seperti dikutip Detik.com.

Boyke mengaku heran karena tiba-tiba pesawat tidak jadi terbang. Setelah itu, pesawat malah kembali ke terminal dan tidak lanjut take off.

Advertisement

“Semua kaget juga. Terus tiba-tiba pramugari bilang tenang tenang saja. Lah kita gimana mau tenang tiba-tiba pesawatnya belok ke terminal. Pas pesawat berhenti kan ada teknisi teknisi terus saya ke toilet ketemu pilotnya, pramugarinya juga minta maaf,” katanya.

Boyke menyebut sempat mendapat penjelasan dari pilot pesawat saat bertemu dengannya. Dijelaskan, ada gangguan pada ban pesawat tersebut.

“Saya tanya kenapa, ban nya dok ada masalah. Jadi terima kasih juga untuk Batik Air, untuk pilotnya yang sigap menghentikan pesawatnya, coba kalau tidak dihentikan, malah bahaya, saya berterima kasih kepada Tuhan, pilotnya profesional. Selama ini saya naik Batik Air juga baik baik saja, semoga acara lancar semua,” jelas dia.

Boyke sangat bersyukur kepada tuhan karena pilot yang bertugas di pesawat itu profesional.

Dirinya akan pergi ke Toraja untuk mengisi acara. Dia tidak masalah jika akhirnya jadwal acara ceramah mengenai kanker serviks dan seks bebas ditunda.

Advertisement

“Saya sudah info ke panitia acara di Toraja. Kasihan panitia-nya sudah siapkan hotel dan lain lain. Saya bilang saya bertanggungjawab, walaupun ini bukan salah saya. Karena cuman ada satu penerbangan Wings ke Toraja jam 10.15 WIB. Saya bilang tidak masalah saya nambah satu hari Minggu asal ada pesertanya. Karena di Toraja kalau minggu kan suka ada acara gereja,” ujarnya.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6236 dijadwalkan berangkat pada pukul 05.30 WIB dari Soetta. Pesawat tersebut berjenis Airbus 320-200 dengan registrasi PK-BKF.

“Dalam penerbangan ini, Batik Air bersiap untuk menerbangkan enam kru pesawat dan 131 tamu (penumpang). Setelah tahapan dan prosedur penanganan pesawat dan tamu di darat selesai, pesawat bergerak dan berada di landas pacu (runway) guna persiapan lepas landas (take off),” jelas Danang, Sabtu (30/7/2022).

Dia mengatakan pilot memutuskan membatalkan dan menunda keberangkatan atau rejected take off (RTO). Dia menyebut kondisi mesin saat itu masih rendah.

“Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan pada ID-6236, pilot memutuskan untuk membatalkan dan menunda keberangkatan (rejected take off/ RTO) kondisi kecepatan mesin masih rendah, dikarenakan ada indikator pada kokpit yang menunjukkan salah satu komponen pada pesawat perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut. Untuk itu, pilot melaporkan atas situasi yang terjadi dan mengemudikan pesawat kembali ke area/ landas parkir (apron)” ucapnya.

Advertisement

Setelah posisi berhenti, awak kabin mengarahkan penumpang kembali ke terminal keberangkatan. Danang meminta maaf atas peristiwa itu.

Dia menjelaskan, penerbangan ID-6236 mengalami penundaan keberangkatan dipindahkan (mengganti) dengan menggunakan Airbus 320-200 registrasi PK-LUR dengan status kondisi laik terbang dan aman.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement