Connect with us

Nasional

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Warga Diminta Waspada Awan Panas

Avatar

Diterbitkan

pada

Gunung Semeru kembali erupsi, masyarakat sekitarnya diminta waspada.(ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Gunung Semeru terakhir kali alami erupsi pada 14 Februari 2023 dengan tinggi kolom abu teramati ± 800 m di atas puncak (± 4476 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah utara.

Pada Minggu (7/5/2023) ini, Semeru kembali meletus. Semburan abu vulkaniknya mencapai 500 hingga 600 meter. Masyarakat diminta waspada

“Letusan asap setinggi 500-600 meter. Terjadi 2 kali,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Liswanto AP dalam keterangannya, Minggu (7/5/2023).

Liswanto mengatakan letusan terekam 17 kali dengan amplitudo 12-22 mm berdurasi 70-120 detik. Meski begitu, Gunung Semeru saat ini masih berstatus siaga.

Liswanto mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas di sekitar Gunung Semeru. Dia menyebut hal itu karena masih ada potensi terjadinya awan panas yang meluas.

Advertisement

“Kita mengimbau kepada masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di radius 13 km dari puncak,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dia juga mengimbau masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan lontaran batu (pijar).

Dia meminta masyarakat waspada terhadap potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement