Connect with us

Nasional

Dihujat Netizen, Roy Suryo Komentari Postingan Stupa Borobudur Berwajah Jokowi

Avatar

Diterbitkan

pada

Roy Suryo hapus unggahan stupa Borobudur. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Roy Suryo kembali membuat heboh. Politisi Partai Demokrat yang kerap membuat sensasi ini mengunggah foto editan stupa Borobudur mirip Jokowi. Ia pun memberikan komentarnya.

Sebelumnya, Roy mengunggah foto editan stupa tersebut dan bercerita tentang kenaikan harga tiket Borobudur yang naik berlipat-lipat mencapai Rp 750 ribu. Unggahan di akun twitter Roy Suryo itu diketahui bertanggal Jumat (10/6/2022) lalu.

“Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dengan Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu, LUCU , he-3x AMBYAR,” cuit Roy Suryo.

Dalam unggahan itu pula, Roy Suryo menyertakan dua foto meme stupa candi Borobudur yang sudah diedit wajahnya menjadi mirip presiden Jokowi.

“Pantas saja tiketnya mahal. Ternyata Opung sudah membuat patung “I Gede Utange Jokowi” untuk tambahan dana bangun IKN,” begitu tulisan di salah satu meme yang diunggah Roy Suryo.

Advertisement

Sementara di meme lainnya, terlihat patung stupa candi Borobudur sudah diedit wajahnya jadi mirip presiden Jokowi dengan caption: ‘Si stupa candi borobudur ada patung dewa anyar’.

Netizen pun berang. Unggahan Roy Suryo itu dikritik banyak orang, karena dianggap menghina, baik itu presiden Jokowi umat Buddha. Banyak yang menganggap meme itu tidak lucu, bahkan cenderung menghina.

“Mantan menteri kok begini kualitasnya ya?” ujar salah satu netizen.

“Kowe malah menghina menghina …Keraton Jogja mohon bisa mempertimbangkan gelar yang disandangnya,” kata netizen lain.

Roy Suryo meresponsnnya. Dia menyampaikan klarifikasi dengan bilang tidak memiliki niat menghina Presiden Jokowi.

Advertisement

“Justru itu saya sengaja MENAMPILKAN Unggahan2 yg Sudah ADA sebelumnya. Makanya saya posting LENGKAP dgn Nama pemosting pertamanya, bukan hanya Meme-nya, Jelas khan?” kata Roy Suryo dalam pernyataannya.

Dia bahkan menuduh mereka yang mempermasalahkan postingannya itu tidak paham UU ITE.

“Saya juga simpan semua URL Pemosting pertamanya kok, moso’ gitu nggak faham UU-ITE sebenarnya,” kata Roy Suryo.

Roy juga merasa unggahannya itu diprovokasi oleh oknum BuzzerRp untuk menutupi ketidakbecusan rezim Jokowi.

“Apalagi “provokasi” thdp saya dimulai oleh Oknum (BuzzerRp) yg itu2 juga, jelas Motivasinya mereka memang bikin pengalihan issue atas ketidakbecusan Rezim ini,” kata mantan Menpora itu.

Advertisement

Roy juga menyebut tidak ada niatan untuk menghina simbol negara.

Di akun Twitternya, Roy Suryo sudah menghapus unggahan tersebut.

“Agar tdk ada yg memprovokasi lagi & dianggap ‘mengedit’ krn ketidakfahamannya, Maka postingan tsb saya drop, case close,” kata dia lagi.***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement