Connect with us

Nasional

Bantu Pencarian Pilot Susi Air, Polri Kerahkan Tim Damai Cartenz

Avatar

Diterbitkan

pada

Kapolri Listyo Sigit kerahkan Tim Cartenz untuk mencari pilot Susi Air. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Pesawat Susi Air dikabarkan dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Nduga, pada Selasa (7/2/2023). Selain itu pilot bersama penumpangnya disandera oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Mantan menteri kelautan dan perikanan, Susi Pudjiastuti, selaku pemilik Susi Air meminta doa pada masyarakat agar pilot dan penumpangnya selamat.

Polri menerjunkan Tim Gabungan Operasi Damai Cartenz untuk mencari pilot Susi Air yang ditangkap Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pencarian masih berlangsung.

“Kami Tim Gabungan dari Ops Damai Cartenz saat ini sedang melakukan operasi pencarian,” kata Sigit di Istana , Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Advertisement

Dia enggan merinci detail pencarian. Sigit hanya berjanji akan membuka informasi ke publik jika ada perkembangan terbaru.

“Untuk hasilnya nanti akan kami informasikan,” ujarnya

Sebelumnya, pesawat Susi Air dibakar di Nduga. TPNPB-OPM mengaku sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan itu.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen M. Saleh Mustafa menyatakan pilot ditangkap oleh TPNPB-OPM. Selain itu, salah seorang penumpang juga diringkus oleh kelompok yang dipimpin Egianus Kogoya.

“Iya kelompok EK (Egianus Kogoya),” ótip CNNIndonesia Selasa (7/2/2023).

Advertisement

Ia menjawab pertanyaan apakah penumpang Susi Air turut dibawa oleh KKB.

Namun Saleh tak menjelaskan berapa penumpang yang dibawa. Ia tidak membalas pesan singkat yang dilayangkan. Jika merujuk data dari Susi Air, pesawat itu membawa lima orang penumpang.

TPNPB-OPM sebelumnya mengakui telah membakar Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY di Bandara Distrik Paro, Nduga, Selasa (7/2/2023).

“Kami TPNPB KODAP III Ndugama-Derakma sudah membakar satu pesawat Jenis Susi Air nomor registrasi PK-BvY di lapangan terbang distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua,” kata Panglima TPNPB Ndugama Bridgen Egianus Kogoya dalam keterangan tertulisnya

OPM juga membenarkan pihaknya telah menyandera pilot pesawat yang bernama Kapten Philips.

Advertisement

“Pilotnya kami sudah Sandera dan kami sedang bawa keluar, untuk itu anggota TNI polri tidak boleh tembak atau interogasi masyarakat sipil Nduga sembarangan, karena yang melakukan adalah kami TPNPB OPM Kodap III Ndugama-Derakma di bawah pimpinan Panglima Bridgen Egianus Kogeya,” tegas mereka.

Polri telah menerjunkan aparat Satgas Damai Cartenz untuk menangani kasus dugaan sandera tersebut. Pihak Susi Air pun berharap aparat bisa segera menyelamatkan para korban yang disandera tersebut.***

 

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement