Connect with us

Kesra

Pelayanan Kesehatan Gratis, Pemkab Semarang Beli 26 Ambulans

Avatar

Diterbitkan

pada

 


Foto: semarangkab.go.id

FAKTUAL-INDONESIA: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang melakukan pembelian 26 unit mobil ambulans. Terobosan ini untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara gratis.

“Ambulans kita persiapkan untuk membantu warga yang membutuhkan layanan gratis,” kata Bupati Semarang Ngesti Nugraha, usai meresmikan program ambulans gratis, di Alun-alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran Timur, Minggu (27/2/2022).

Puluhan ambulans ini, sebutnya, tidak sekadar melayani di wilayah Kabupaten Semarang saja. Namun juga melayani rute tujuan ke Kabupaten/Kota sekitar, apabila memang dibutuhkan.

Ngesti Nugraha menyebut, ambulans gratis saat ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk menciptakan pelayanan kesehatan yang jauh lebih baik. “Pelayanan gratis juga untuk memperluas akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat, menuju fasilitas kesehatan,” terangnya.

Advertisement

Dijelaskan, berdasarkan SK Bupati Semarang Nomor 974.1/0058 Tahun 2022, masyarakat diberi dispensasi berupa pembebasan retribusi pelayanan kesehatan. antara lain berupa pelayanan mobil ambulans dan mobil jenazah di Puskesmas. Terutama, bagi warga Kabupaten Semarang yang belum menjadi peserta jaminan kesehatan nasional.

Selain 26 unit mobil ambulans, pihaknya juga menyediakan lima unit mobil jenazah yang dapat digunakan oleh masyarakat secara gratis pula.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, Dwi Syaiful Nur Hidayat, menambahkan, pelayanan ambulans gratis tersebut merupakan salah satu program unggulan Bupati Semarang.

Pelayanan bebas bea ini, menjangkau Kabupaten Boyolali, Temanggung, Demak, Kota Semarang, Kendal, Salatiga, Kabupaten dan Kota Magelang. Ambulans gratis disiagakan di 26 Puskesmas dan lima mobil jenazah gratis disiapkan di lima eks Kawedanan.

“Melengkapi itu, Dinkes juga menyiagakan ambulans gratis 24 jam,” imbuhnya.

Advertisement

Sub Koordinator Pelayanan Kesehatan Pramudya Teguh Sucipto, menjelaskan program public safety center 119 dapat melakukan penjemputan orang sakit dari rumah dan korban kecelakaan lalu lintas. Warga bisa menghubungi nomor 085290242420, jika membutuhkan.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement