Connect with us

Kesra

Percepat Vaksinasi Covid-19, Pemkot Solo Jemput Bola dengan Mobil Keliling

Avatar

Diterbitkan

pada

Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo dilayani dengan mobil keliling. (Foto : Istimewa)

FAKTUALid – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, menjalankan mobil keliling vaksinasi Covid-19 untuk percepatan vaksinasi di Kota Solo. Mobil keliling vaksinasi tersebut berhenti di delapan titik yang telah ditentukan untuk menjangkau masyarakat.

“Ada titik-titik yang capaiannya rendah. Makanya layani dengan mobil keliling, sebenarnya mobil ini untuk layanan IVA test. Tapi IVA test bisa diatur kemudian,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, di sela-sela pelayanan vaksinasi Covid mobil keliling di Ngarsopuro, Mangkunegaran, Solo, Selasa (15/6/2021).

Menurut Siti sebenarnya, faskes (fasilitas kesehatan) di Kota Solo jaraknya dekat dan jumlahnya banyak. Yakni di 17 puskesmas, tiga klinik, 19 rumah sakit. Tetapi ada sejumlah wilayah yang capaian vaksinasinya rendah.

“Antusiasme masyarakat luar biasa, mudah-mudahan cakupannya meningkat dan kekebalan tubuh komunitas terbentuk,” jelasnya lagi.

Siti mengatakan, dalam sehari hanya dibatasi 100 peserta. Dengan fokus warga lansia dan pralansia berusia 50 tahun ke atas. Namun jika antusias warga tinggi akan ditambah hingga 10 persen dari kapasitas. Jika masih banyak warga yang datang maka akan disarankan untuk datang ke faskes terdekat.

Advertisement

“Kalau dari sini terdekat ada RS PKU Muhammadiyah dan Puskesmas Stabelan. Saat ini jadwal mobil keliling sampai tanggal 30 Juni setiap Selasa, Rabu dan Kamis,” katanya.

Selanjutnya akan dijadwalkan lagi, Siti menegaskan pihaknya akan bergerak terus untuk mempercepat capaian vaksinasi di Kota Solo.

“Kalau jadwalnya terlalu panjang, nanti masyarakat lupa.  Warga cukup membawa e-KTP saja,” katanya lagi.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menambahkan, pelayanan vaksinasi tersebut menggunakan metode ‘go show’  atau hadir langsung dilakukan sebagai upaya mempercepat capaian sasaran vaksinasi bagi pralansia. 

“Karena kelompok ini  paling rentan kedua terinfeksi Covid-19 dan perlu ,” ujar Gibran.

Advertisement

Mobil keliling vaksinasi Covid-19 dilaksanakan mulai tangga 15 – 30 Juni 2021 pada pukul 08.00 – 11.00 WIB setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis.  

Berikut jadwal vaksinasi mobil keliling di Kota Solo :

15 Juni 2021- Ngarsopuro

16 Juni 2021 – Srambatan depan Arpusda

17 Juni 2021 – Sekip

Advertisement

22 Juni 2021 – Jl. Juanda

23 Juni 2021 – Jl. Veteran, area depan Kecamatan Serengan 

24 Juni 2021 – Jl. Brigjen Katamso area depan TATV

29 Juni 2021 – Graha Saba Buana, Sumber

30 Juni 2021 – Lumbung Batik, Sondakan, Laweyan. (Uti Farinzi) ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *