Home NasionalKesra Tim Bengawan UV UNS Berhasil Juara 2 Dalam COMET 2.0

Tim Bengawan UV UNS Berhasil Juara 2 Dalam COMET 2.0

oleh Dwipraya

(Foto : Istimewa)

FAKTUALid –  Tim Bengawan UV Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, berhasil meraih Juara 2 kategori Boat Race Competition pada Competition of Maritime Education and Training (COMET 2.0).

Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) pada akhir Mei lalu.

“Lomba tersebut mengusung tema inovasi teknologi perkapalan khususnya kapal nelayan dengan konsep sustainable fishing,” jelas General Manager Bengawan UV, Tri Rahmaji, Rabu  (16/6/2021).

Ada dua kategori yang dilombakan yaitu lomba desain dan boat race competition. Tim UNS hanya mengikuti kategori boat race competition. 

“Pada kategori ini juga masih ada sub event_ lagi yaitu race dan endurance.Jadi, prototypekami diuji ketahannya serta kecepatan untuk balapan,” jelasnya lagi.

Kapal yang didesain oleh Bengawan UV Team UNS sengaja dirancang untuk memiliki kemampuan yang seimbang antara kategori race maupun endurance. 

“Juara akhir dinilai dari akumulasi hasil race dan endurance. Pada kategori race, kami menempati posisi ke-3, kemudian pada endurance mendapatkan peringkat 5. Sehingga ketika diakumulasi, Bengawan UV meraih juara 2 pada kompetisi ini,” imbuh mahasiswa Teknik Mesin UNS itu.

Pembimbing Bengawan UV,  Aditya Rio Prabowo menambahkan persiapan yang dilakukan tidak panjang karena waktu itu bersamaan juga dengan kompetisi yang diikuti di Amerika. 

“Jadi, kita bagi sumber daya manusianya untuk dua perlombaan ini. Kompetisi ini juga bisa dibilang sebagai bentuk evaluasi awal untuk perlombaan yang lebih besar lagi seperti Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCBN),” ungkapnya. 

Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) UNS itu menjelaskan bahwa dalam perlombaan tersebut terdapat beberapa tahap yang harus dilalui. Tahap pertama yaitu scientific report berupa proposal. Sambil menunggu pengumuman tahap pertama, Tim Bengawan UV mulai mendesain dan merencanakan lambung kapal. 

“Setelah mendapat pengumuman bahwa masuk ke tahap akhir, kita lakukan finishing seperti peletakan permesinan, bangunan atas, lalu baru kita melakukan cek seperti mencari titik berat kapal untuk memastikan  kapalnya seimbang, lalu ada tes lab dan sebagainya,” pungkasnya. (Uti Farinzi)***

Tinggalkan Komentar