Home NasionalKesra Stiamak Praktisi Bisnis Logistik Sepakat Link and Match

Stiamak Praktisi Bisnis Logistik Sepakat Link and Match

oleh Akbar Surya

Sebagian peserta Sharing Session.

FAKTUAL-INDONESIA: sekitar 90 persen mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Administra’si dan Manajemen Kepelabuhan (Stiamak) Barunawati Surabaya sudah bekerja dan masuk di bisnis maritim. Mulai dari terminal operator, administrasi shipping line, forwarding, ekspedisi, ekspor, impor dan bisnis terkait.

Menurut Ketua Senat Stiamak Barunawati, fakta itu akan dirumuskan menjadi lebih formal. “Sebagian besar mahasiswa memang sudah bekerja. Tapi kita perlu memastikan bahwa lulusan kita nantinya bisa lebih memperkuat posisi nilai tawar,” ujarnya, dalam forum Sharing Session, Rabu (27/10/2021).

Pihaknya kana berupaya agar lulusan Stiamak memiliki keunggulan dan menjadi SDM unggul. Terkait dengan hal tersebut, pihaknya memandang perlu adanya Link and Match antara perguruan tinggi dengan industri.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Barunawati Biru Surabaya (YBBS) Drs Iwan Sabatini, MSi menjelaskan bahwa acara Sharing Session merupakan upaya Stiamak untuk mempersiapkan pengembangan kurikulum ke depan. “Kita berharap dari bapak dan ibu para praktisi bisnis pelabuhan dan logistis untuk memberikan masukan agar lulusan kami nantinya sesuai dengan kebutuhan pasar,” ujarnya.

Ketua Stiamak, Dr Ir Sumarzen Marzuki, MMT juga menyampaikan sistem kredit, materi kuliah sudah jalan sebagaimana panduan dari LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur. “Tapi tuntutan dan perubahan terjadi begitu cepat. Kami ingin akademi sejalan dengan kebutuhan pasar. Kami butuh masukan dari para pelaku bisnis di sini,” ujar mantan Direktur Utama PT Terminal Petikemas Indonesia tersebut.

Acara Sharing session itu sendiri dihadiri pihak-pihak terkait. Diantaranya pengurus asosiasi pelayaran (INSA) Surabaya, pengusaha forwarding (ALFI/ILFA) Jawa Timur, pengusaha ekspor dan impor (GPEI dan GINSI) Jawa Timur, pengusaha depo petikema (ASDEKI) Jawa Timur dan perwakilan pekerja maritim Jawa Timur.***

Tinggalkan Komentar