Home NasionalKesra Rektor Baru Siap Antar UWKS Jadi Perguruan Tinggi Bertaraf Internasional

Rektor Baru Siap Antar UWKS Jadi Perguruan Tinggi Bertaraf Internasional

oleh Akbar Surya

Rektor Widodo Ario Kentjono (kanan).

FAKTUALid – Prof Dr H Widodo Ario Kentjono dr Sp THT-KL(K) FICS resmi menggantikan Prof H Sri Harmadji sebagai Rektor baru Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS). Pria kelahiran Jember, 71 tahun silam itu merupakan rektor ke-8 yang akan menahkodai UWKS dalam 4 tahun ke depan.

Menurut Rektor Widodo Ario Kentjono yang baru saja dilantik, pihaknya memastikan kesiapannya untuk mengantar kampus itu sebagai perguruan tinggi bertaraf internasional. “Kesiapan itu didukung oleh sumber daya, serta memperhitungkan tantangan dan peluang di masa depan,” ujarnya, Selasa (27/7/2021).

Salah satu strategi trategi yang akan dilakukannya adalah melakukan persiapan percepatan bagi para dosen untuk menjadi guru besar. Para dosen yang sekarang jabatan akademiknya Lektor, kita upayakan untuk menjadi Lektor Kepala.

Peningkatan kualitas SDM itu, kata dia, menjadikan semua komponen yang ada di UWKS ini ikut berkontribusi terhadap peningkatan peringkat. Karena pihaknya akan berupaya agar akreditasi institusi yang sekarang masih B  (baik sekali) akan naik status menjadi A (Unggul).

Sementara, Program Studi yang masih terakreditasi B (baik sekali) akan dilengkapi kekurangan-kekurangannya agar bisa berakreditasi A (unggul). Pihaknya juga berjnji akan meneruskan perjuangan pendahulunya agar UWKS menjadi lebih maju, menjadi universitas unggulan dan berdaya saing tinggi.

Ikut dilantik dalam waktu yang sama, Wakil Rektor (Warek) Bidang Akademik, Dr ir H Hary Sastrya Wanto, Warek Bidang Keuangan dan Administrasi Umum Drs EC Pratiwi MM, Warek Bidang Kemahasiswaan Dr Edy Kristianto MH dan Warek Bidang Hubungan Kerja sama Dr Ir Hj Endang Noerhartati.

Ketua Pembina Yayasan Wijaya Kusuma,  Prof dr H Soedarso Djojonegoro berharap rektor yang baru, bersedia meneruskan segala sesuatu yg sudah dimulai oleh pendahulunya. “Prestasi yang akan dicapai harus lebih bagus dari periode sebelumnya,” ujarnya.

Dia menyebut, status akademis dan akreditasi UWKS,  belakangan cukup membanggakan. Tiga fakultas yang kini sudah terakreditasi A, dan sisanya yang B diharapkan bisa menjadi A di bawah kendali rektor yang baru.
UWKS juga sudah masuk peringkat 10 besar perguruan tinggi se Jatim dan 100 besar dari 4000-an PTS secara nasional.

Dalam kesempatan ini, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Humas (BAKH), Andi Aruji mengucapkan terima kasih kepada Prof H Sri Harmadji dr Sp THT-KL (K) yang telah memimpin UWKS selama dua periode yakni tahun 2013-2017 dan 2017-2021.

“Terimakasih atas semua perjuangannya untuk UWKS selama ini, dimana kini Yayasan Wijaya Kusuma memiliki gedung perkuliahan yang mewah, laboratorium yang canggih, dan segala peralatan yang memadai dengan jumlah Program Studi sebanyak 28 Program Studi,” ujarnya.***

Tinggalkan Komentar