Connect with us

Ibu Kota

Tiket KA Lebaran Sudah Bisa Dipesan Mulai 26 Februari, Jangan Kehabisan!

Avatar

Diterbitkan

pada

Ilustrasi kereta api Indonesia, siap melayani angkutan Lebaran. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Mulai 26 Februari mendatang, tiket kereta api untuk mudik Lebaran sudah bisa dipesan. PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mengumumkan hal tersebut, Kamis (16/2/2023).

Bagi masyarakat yang berniat mudik Lebaran menggunakan kereta api, sebaiknya segera memesan mulai tanggal tersebut. Sebab dipastikan banyak masyarakat yang mudik Lebaran setelah pandemi Covid-19 makin melandai.

Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh channel penjualan tiket KAI.

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, mengatakan kusus penjualan tiket angkutan lebaran kali ini, KAI menerapkan kebijakan dengan aturan menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan. Sehingga per 26 Februari 2023, pelanggan sudah dapat membeli tiket untuk keberangkatan 12 April 2023.

“Pada kondisi normal selain di luar masa Angkutan Lebaran, KAI menerapkan kebijakan untuk penjualan tiket KA Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan,” kata Franoto dalam keterangan tertulis, Kamis (16/2/2023).

Advertisement

Dia mengatakan perubahan itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api saat libur lebaran.

Franoto mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, rute, serta data diri pada saat melakukan pemesanan tiket. Selain itu, menurut dia, juga diperlukan perencanaan  perjalanan sebaik mungkin, termasuk estimasi perjalanan menuju stasiun.

“Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik lebaran karena macet dan telat kereta,” jelasnya.

Dalam rangka menghadapi angkutan lebaran ini, pihak KAI juga akan melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia. Beberapa persiapan itu di antaranya kegiatan ramp check atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi kereta api.

“Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api,” ungkapnya.***

Advertisement

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement