Connect with us

Ibu Kota

50 Rumah di Cawang Terendam Banjir Setinggi Hingga 1,5 Meter

Avatar

Diterbitkan

pada

Ilustrasi banjir yang melanda kawasan Cawang, Jakarta. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Akibat hujan yang tiada henti sepanjang pagi hingga siang hari pada Jumat (24/2/2023) membuat banjir melanda sejumlah wilayah ibu kota Jakarta.

Salah satu wilayah langganan banjir di Jakarta adalah Cawang, Jakarta. Banjir setinggi antara 20cm hingga 1,5 m membuat sebanyak 50 rumah yang terletak di Kelurahan Cawang, Kramat Jati Jakarta Timur terendam banjir akibat luapan Kali Ciliwung.

“Ada 50 rumah diisi 50 kepala keluarga (KK) terdampak banjir,” kata Lurah Cawang Didik Diarjo, Jumat (24/2/2023) dikutip Antara.

Didik mengatakan banjir paling tinggi terjadi di Jalan Taman Harapan RT 04/RW 03 dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter. Selain RT 04, kata dia, di RW 03 terdapat dua RT lain yang terkena banjir, yakni RT 02 dan RT 015 dengan ketinggian air masing-masing mencapai 1,2 meter.

Selain itu, luapan Kali Ciliwung juga menyebabkan permukiman warga RT 09 dan RT 011/RW 05 terendam banjir hingga 1,2 meter. Sementara di RW 08, terdapat dua RT yang terdampak banjir, yakni RT 06 dengan ketinggian air mencapai 20 centimeter dan RT 08 dengan ketinggian air mencapai 60 centimeter.

Advertisement

Didik menuturkan, rumah warga yang terkena banjir kebanyakan berada di bantaran Kali Ciliwung. Meski terkena banjir, warga saat ini lebih memilih untuk bertahan di rumahnya masing-masing.

“Tidak ada warga yang minta dievakuasi,” ujarnya.

Didik menyebut Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), tak bisa berbuat banyak untuk menangani banjir tersebut. Sebab, mesin pompa tidak bisa digunakan.

“Tidak bisa pakai pompa karena pembuangan airnya ke Kali Ciliwung yang saat ini masih meluap. Belum memungkinkan karena genangan masih lebih tinggi dari kalinya,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, hujan deras melanda sejumlah wilayah DKI Jakarta sejak Kamis malam (23/2) hingga Jumat siang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mendata Kali Ciliwung meluap menyebabkan banjir dengan ketinggian hingga 1,2 meter di dua Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur, serta 19 RT lain dengan ketinggian bervariasi di bawahnya.

Advertisement

“Total ada 21 RT tergenang,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji di Jakarta, Jumat (24/2/2023).

Selain itu banjir juga diakibatkan luapan sungai ditambah intensitas hujan yang tinggi.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement