Connect with us

Ibu Kota

Sambut Ultah DKI Jakarta, Vaksinasi Untuk 18 tahun ke Atas Jadi Hadiah

Avatar

Diterbitkan

pada

Foto: Antaranews.com

FAKTUALid – Pandemi Covid-19 tidak boleh dianggap remeh. Tapi bukan berarti segala sesuatu menjadi menakutkan. 

Dalam upaya pencegahan virus mematikan ini,  perlu juga dibangun ‘suasana batin’ masyarakat untuk melakukan upaya itu dengan nyaman agar tetap sehat. 

Itulah yang nampaknya dilakukan pihak Kementerian Kesehatan di Jakarta.

Pelaksana Tugas Direktorat Jenderal, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan, dr Maxi Rein Rondonuwu mengatakan dimulainya vaksinasi untuk penduduk berusia 18 tahun ke atas adalah hadiah untuk menyambut hari jadi ibu kota.

“Khususnya di Jakarta, minggu lalu sudah dibuat edaran bahwa vaksinasi dimulai untuk penduduk berusia 18 tahun ke atas. Ini adalah hadiah untuk menyambut ultah DKI Jakarta, karena tertinggi untuk vaksinasi lansia dan pelayan publik. Jadi di atas 50 persen lansia dan pelayan publik dibuka untuk 18 tahun ke atas,” kata Maxi dalam peresmian fasilitas sentra vaksinasi di RS St. Carolus, Salemba, Jakarta Pusat, Senin (14/6/2021).

Advertisement

Maxi mengatakan semua pihak harus bekerjasama, termasuk pihak swasta, untuk terus berusaha memberikan 181 juta rakyat vaksinasi agar tercipta kekebalan komunal.

“Sekarang ini kita paling tertinggi 550.000 per hari. Kita harapkan Juli ini kita sudah 1 juta per hari dan ini kita harus berjuang,” ujarnya dikutip dari siaran resmi, Selasa (15/6/2021).

Fasilitas sentra vaksinasi untuk penduduk berusia 18+ tahun, masyarakat golongan usia pra-lansia (50–59 tahun), serta pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang berdomisili dan bekerja di DKI Jakarta dibuka di Hall Asrama 35, Rumah Sakit St Carolus lantai 01, Salemba, Jakarta Pusat. Sebanyak total 12.000 vaksin akan diberikan kepada penerima dalam kurun waktu tiga bulan.

Vaksin yang diberikan di sentra vaksinasi yang diresmikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama tiket.com adalah AstraZeneca. Penyuntikan vaksin dilakukan sebanyak 2 kali dengan jarak 4–12 minggu. Penyuntikan vaksin pertama pada 14- 26 Juni 2021, dan vaksin kedua pada 13 – 26 September 2021.

Co-Founder/Chief Marketing Officer tiket.com, Mikhael Gaery Undarsa, berharap digelarnya program sentra vaksinasi ini dapat mencapai kekebalan komunal lebih cepat, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Advertisement

“Saya sudah melihat banyaknya sentra vaksinasi, saya harapkan ini bisa menjadi sesuatu yang bergulir terus. Tidak hanya pemerintah, tapi pihak swasta, saling bahu membahu kita lakukan, kita jalankan, karena apapun itu kita lakukan untuk mendukung negara ini,” ujar Gaery dilansir antaranews.com. ***

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *