Connect with us

Ibu Kota

Pemprov DKI Sebut Sumur Resapan Kini Terbukti Punya Manfaat Cepat Surutkan Banjir

Avatar

Diterbitkan

pada

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA), Yusmada Faizal. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA), Yusmada Faizal, menegaskan keberadaan sumur resapan memiliki kontribusi pengendalian banjir di Jakarta.

Keberadaan sumur resapan mempercepat genangan bisa surut. “Salah satu faktor cepat surut lagi kita membangun sumur resapan. (manfaat sumur resapan) ke satu, dia mempercepat surut, kedua dia mengurangi run off,” kata Yusmada di Jakarta, Rabu (2/3/2022).

Menurut Yusmada, tidak menampik meski ada sumur resapan, Jakarta masih tetap tergenang air. Namun, perbedaannya adalah durasi genangan atau banjir yang lebih cepat surut sekarang ini.

Ditambahkan Yusmada, kondisi banjir saat ini merupakan hasil dari persiapan yang sudah dikerjakan pada 2021. Sedangkan persiapan di 2022 baru akan dirasakan pada akhir tahun ataupun awal 2023.

“Kenapa bisa kita tangani dengan cepat, kan persiapannnya. Seperti sekarang ini, kita sudah mulai lagi mempersiapkan banjir akhir tahun (2022) atau awal tahun 2023,” tutur Yusmada. “Jadi persiapannya itu dari awal, apa bentuk persiapannya? Yaitu memastikan semua infrastruktur banjir existing itu optimal,” sambung Yusmada.

Advertisement

Selain sumur resapan, tambah Yusmada, kini juga bergulir program pengendalian banjir yang berdampak positif dengan gerebek lumpur. Program pengendalian yang dikerjakan Pemprov DKI bukan menghilang banjir, namun mengupayakan untuk mempersingkat durasi dan meminimalisir banjir. ****

Lanjutkan Membaca
Advertisement