Home NasionalIbu Kota Mulai Senin, Naik KRL Wajib Bawa Surat Tanda Registrasi Pekerja

Mulai Senin, Naik KRL Wajib Bawa Surat Tanda Registrasi Pekerja

oleh Bambang

Rangkaian KRL yang menjadi salah transportasi pilihan publik. (ist)

FAKTUALid – Menekan lonjakan kasus Covid-19, pemerintah kini memperketat syarat perjalanan menggunakan moda kereta rel listrik (KRL) mulai 12 Juli 2021. Penyesuaian tersebut tercantum dalam SE Kemenhub Nomor 50 Tahun 2021 terkait perjalanan kereta api.

Demikian ditegaskan Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati seraya meneyebutkan, penumpang KRL diwajibkan memiliki Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP). Perjalanan juga hanya diperbolehkan untuk pekerja sektor esensial dan kritikal saja.

“SE Nomor 50 Tahun 2021 terkait perkeretaapian, menambah ketentuan perjalanan rutin KRL dan dalam wilayah aglomerasi hanya berlaku bagi perjalanan perkantoran sektor esensial dan kritikal sesuai ketentuan,” kata Adita.

Menurut Adita, dokumen STRP atau surat keterangan lain/surat tugas yang dibawa harus ditandatangani pimpinan perusahaan atau minimal pejabat eselon II dengan stempel cap basah dan tanda tangan elektronik.

Sementara Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan operator dan pemerintah daerah dalam menerapkan ketentuan baru ini. “Akan ada penyekatan sebelum masuk ke gate, apakah di stasiun atau di dalam stasiun. Yang pasti, sebelum masuk ke gate in, apakah ini STRP, surat keterangan pemda atau kantor, ini akan dilakukan,” tutur Zulfikri. ****

You may also like

Tinggalkan Komentar