Home NasionalIbu Kota Anies Baswedan: Politik Bukan Soal Bersih Atau Kotor Melainkan Integritas

Anies Baswedan: Politik Bukan Soal Bersih Atau Kotor Melainkan Integritas

oleh Bambang

Anies Rasyid Baswedan. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan dirinya tidak sependapat dengan narasi politik merupakan hal kotor. Sebab bersih atau kotornya satu kegiatan tergantung integritas personal.

Pernyataan itu diampaikan Anies ketika menyampaikan sambutan dalam launching PKS Muda Institute, sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021).

“Sektor mana pun ada pilihan, pilihan bersih pilihan tidak bersih. Baik di dunia bisnis maupun politik. Tapi, jika
dipersepsikan hanya satu sektor yang tidak bersih saya rasa itu bukan sesuatu yang tepat,” ucap Anies.

Pendapat Anies tersebut bermula saat dirinya masih menjabat sebagai rektor. Satu waktu, dia berbincang-bincang dengan para mahasiswa yang sedang duduk santai. Kepada mereka, Anies bertanya rencana apa yang akan diambil setelah lulus nanti.

Mayoritas mahasiswanya menjawab dengan ragam preferensi. Namun dia secara khusus menyoroti tidak ada satu pun dari para mahasiswa memilih dan berkecimpung di dunia politik. Para mahasiswanya terlihat menganut stigma jika politik itu kotor dan jahat.

Anies menjelaskan politik bukan soal bersih ataupun kotor melainkan soal integritas. Stigma ini kemudian dinilai Anies sebagai fenomena aneh.

“Bersih atau kotor itu bukan hanya di politik. Sektor mana pun harus bawa integritas jangan satu persepsi muncul kuat
membuat kita sering kali enggan masuk wilayah politik. Kita sering ketemu fenomena aneh,” kata Anies.

Menurut Anies, masyarakat umumnya mempermasalahkan jika seseorang dengan intelektualitas mumpuni, dan tidak memiliki cacat moral, terjun menjadi politisi. Sebaliknya, masyarakat cukup abai jika seseorang dengan catatan masalah kemudian terjun ke dunia politik.

“Kapan kita punya pasukan orang-orang baik di level politik, bila orang tidak bermasalah masuk politik dipermasalahkan. Begitu sebaliknya,” jelas Anies. ****

Tinggalkan Komentar