Connect with us

Ibu Kota

Taman Impian Ancol Heboh, Tanggul Jebol, Air Rob Terjang Stan Makanan

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Salah satu tanggul di kawasan wisata Pantai Jaya Ancol, Jakarta Utara, jebol diterjang rob sehingga mengalir ke stan-stan dan jalanan

Salah satu tanggul di kawasan wisata Pantai Jaya Ancol, Jakarta Utara, jebol diterjang rob sehingga mengalir ke stan-stan dan jalanan

FAKTUAL-INDONESIA: Taman Impian Jaya Ancol,  yang menjadi kawasan wisata pantai andalan Jakarta, heboh, Selasa (7/12/2021), gara-gara tanggul jebol dan air rob.

Salah satu sisi tanggul di kawasan  Pantai Indah Ancol, Jakarta Utara, itu roboh kemudian jebol tidak tahan menghadapi terjangan air laut atau rob.

Dalam video yang viral di media soasial, akibat jebolnya tanggul itu maka air laut menerjang ke area wisata.

Air lalu mengalir deras menerpa stan-stan makanan dan merendam jalanan.

“Situasi area karang tujuh, Tanggul Ancol Jebol, air mengalir deras,” kata pemilik video lewat akun Twitternya @petercumicumi1.

Advertisement

Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Ariyadi Eko Nugroho membenarkan video yang beredar di media sosial tersebut, diakibatkan luapan air laut yang meningkat.

“Memang betul telah terjadi limpasan air laut yang cukup tinggi karena rob masuk ke area jalan kawasan wisata,” ucap Eko, Ancol saat dikonfirmasi awak media pada Selasa 7 Desember 2021.

Menurut Eko, hal itu baru pertama kali terjadi sepanjang sejarah Ancol. “Baru kali ini. Alhamdulillah saat ini sudah kondusif kembali,” jelas Eko.

Menurut penuturan Eko, banjir di kawasan pantai Ancol itu bahkan mencapai 20 CM. Banjir itu kian diperparah karena tanggul jebol.

“Sebetulnya bukan tanggul, itu ada dinding pembatas. Itu memang ada insiden, jadi dindingnya kena desakan air yang cukup kuat. Jadi dia jatuh,” kata Eko.

Advertisement

“(Ketinggian) sekitar 15-20 cm kalau yang jatuh ke area pedestrian dan jalan,” sambungnya.

Eko mengatakan, bahwa dinding pembatas yang rusak sekitar 3 meter. Untuk saat ini, pihaknya telah melakukan penanganan dengan menambal bagian yang rusak serta memaksimalkan fungsi drainase.

Namun, menurut Eko kondisi saat ini tanggul tersebut sudah berhasil ditangani dengan baik oleh petugas. Sehingga situasi di kawasan wisata Ancol sudah kembali normal dan kondusif.

Sementara itu Lurah Ancol, Rusmin memastikan tanggul yang jebol di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol sudah dapat ditangani dengan baik.

Rusmin menjelaskan, tanggul yang jebol di kawasan Taman Impian Jaya Ancol tersebut berhasil ditanggulangi dengan menutupinya menggunakan karung berisi pasir.

Advertisement

Penutupan Tanggul Ancol Jebol dengan panjang sekitar lima meter itu dilakukan dengan kerjasama antara petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara dan petugas kawasan Taman Impian Jaya Ancol. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement