Connect with us

Nasional

Hujan Berpotensi Guyur Sebagian Wilayah Indonesia yang Dipicu Siklon Tropis Malakas

Avatar

Diterbitkan

pada

Ilustrasi

FAKTUAL-INDONESIA: Hujan berpotensi melanda beberapa bagian wilayah Indonesia yang dipicu Siklon Tropis Malakas yang berada di Samudra Pasifik timur Filipina.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menggambarkan cuaca akibat siklon itu, lebih lanjut mengingatkan bahwa tak hanya menyebabkan hujan tapi juga gelombang tinggi juga dapat meningkatkan kecepatan angin.

Menurut informasi prakiraan cuaca yang disiarkan melalui saluran YouTube BMKG, Senin (11/4/2022), hujan melanda sebagian wilayah Pulau Sumatera. Kota Banda Aceh, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Tanjung Pinang, dan Pangkal Pinang mengalami hujan ringan dan Kota Medan menghadapi potensi hujan yang dapat disertai petir.

Di Pulau Jawa, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Serang, Jakarta Pusat, dan Semarang; hujan dengan intensitas sedang berpeluang turun di Kota Yogyakarta; dan hujan yang disertai petir berpotensi terjadi di Kota Bandung.

Beberapa bagian wilayah Pulau Kalimantan juga menghadapi potensi hujan. Hujan ringan diprakirakan turun di Kota Palangka Raya dan Samarinda, hujan dengan intensitas sedang berpeluang turun di Kota Pontianak, dan hujan yang disertai petir berpotensi terjadi di Kota Tanjung Selor.

Advertisement

Hujan dengan intensitas ringan juga diprakirakan terjadi di Kota Mataram, Palu, Gorontalo, Ambon, dan Jayapura.

Sementara itu, Kota Ternate diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang dan Kota Manokwari berpeluang menghadapi hujan disertai petir.***

Lanjutkan Membaca