Connect with us

Nasional

Dirjen IKP Kemenkominfo Harapkan Humas Ambil Peran Cegah Gelombang Ketiga Covid-19

Avatar

Diterbitkan

pada

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik ( Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Usman Kansong. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik ( Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Usman Kansong, mengharapkan Humas dapat mengambil dalam pencegahan gelombang ketiga Covid-19.

Hal itu disampaikan dalam dialog bersama Komika Hifdzi Khoir, pada gelaran Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2021 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Merusaka Nusa Dua, Bali, Kamis (4/1/2021).

“Dalam jangka pendek, saya berharap humas-humas, terutama yang di daerah bisa melakukan berbagai kampanye, misalnya dengan memasang baliho yang meminta masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan,”kata Usman.

Ditambahkan Usman, dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, Humas juga bisa melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, maupun tokoh adat. “Seperti di Bali misalnya, ada pecalang yang bisa dilibatkan untuk mengajak masyarakat jaga prokes,” terangnya.

Selanjutnya untuk jangka panjang, tambah Usman, sesuai dengan arahan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, Humas hendaknya bisa beradaptasi menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Humas harus memiliki kecakapan digital dan tidak lagi harus sepenuhnya berkutat pada media konvensional, tetapi sudah mulai membuat konten-konten kreatif di media digital supaya komunikasi yang disampaikan mengena dan efektif.

Advertisement

“Komunikasi tujuannya mengubah sikap dan perilaku. Maka komunikasi kita dalam konteks Covid ini tujuannya adalah mengubah perilaku orang supaya orang lebih patuh menjaga protokol kesehatan,” jelasnya. ****

Lanjutkan Membaca