Connect with us

Nasional

Jangan Panik, ini 8 Cara Mengusir Ular dari Rumah dengan Aman

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mengusir ular

Ilustrasi ular (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ular merupakan salah satu hewan yang dikenal berbahaya. Hewan bersisik ini bisa merayap kemana saja, termasuk ke dalam rumah. Kehadiran hewan reptil ini tentu sangat mencemaskan karena bisa membahayakan. Mengingat hewan ini tidak diprediksi kedatangannya, penting untuk mengetahui cara mengusir ular dari rumah.

Pada umumnya ular berhabitat di area padang rumput, hutan, rawa, atau tempat-tempat alam bebas. Beberapa faktor seperti rumah berdekatan dengan alam bebas seperti sawah, rawa, hutan, kebun maupun sungai bisa menjadi penyebabnya.

Saat menemukan hewan ini di rumah, Anda bisa mencoba cara mengursir ular dari rumah. Bahkan, Anda bisa mengusirnya dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dalam rumah. Meski begitu, Anda perlu berhati-hati ketika hendak mengusir ular.

Baca juga: 8 Cara Mengusir Tawon Dari Rumah, Terbukti Ampuh dan Efektif

Berikut beberapa cara mengusir ular dari rumah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Potong rerumputan di halaman rumah

Cara mengusir ular yang pertama yaitu memotong rumput disekitar halaman rumah. Rutin memotong rumput, bisa dilakukan untuk mengantisipasi datangnya ular yang akan masuk ke dalam rumah.

Advertisement

Pasalnya, rumput akan digunakan oleh ular sebagai tempat tinggal supaya merasa hangat. Rumah yang jarang ditumbuhi rumput akan membuat ular enggan masuk ke dalamnya.

2. Cuka

cara mengusir ular

Ilustrasi cuka (Foto: Istimewa)

Beberapa tempat yang terdapat air seperti kloset dan kolam sering menjadi tempat munculnya hewan tanpa kaki ini. Salah satu cara mengusir ular adalah dengan cuka. Bahan ini dianggap efektif membuat ular merasa tidak nyaman dan seketika pergi di rumah.

Caranya mudah, siram cuka putih ke badan atau atau disekeliling area air agar ular pergi dari tempat tersebut.

3. Minyak cengkeh dan minyak kayu manis

Cara mengusir ular berikutnya yaitu memadukan minyak kayu manis dan minyak cengkeh. Aroma paduan bahan tersebut bisa mengusir ular dari rumah. Sebelumnya kamu perlu membuat ramuan ini terlebih dahulu.

Campurkan kedua minyak tersebut ke dalam botol semprot. Semprotkan langsung pada badan ular, nantinya ular akan merasa tidak nyaman dan segera pergi. Namun, berhati-hatilah saat menyemprotkannya karena ular bisa berlari ke arah yang berlawanan.

Lakukan dengan menyemprotkan bagian belakang tubuh ular atau membelakangi tubuh ular agar hewan ini tidak menyerang balik.

Advertisement

4. Menggunakan kapur barus

Salah satu cara mengusir ular yang paling umum dilakukan yakni dengan kapur barus atau napthalene. Produk ini dapat Anda temukan dan sangat banyak dijual di pasaran. Jika tidak mempunyainya, Anda bisa memanfaatkan kamper atau kapur barus karena naphthalene merupakan salah satu komposisi di kapur barus.

Bau bahan kimia ini bisa mengganggu dan mengiritasi ular. Letakkan kapur barus di area yang kemungkian dilalui oleh ular, seperti lubang, retakan dinding, atau celah di rumah. Pastikan menaruhnya di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak.

Baca juga: Ampuh, 10 Cara Mengusir Tikus Aman dengan Bahan Alami

5. Jeruk nipis

cara mengusir ular

Ilustrasi jeruk nipis dan cabai (Foto: Istimewa)

Selain kapur barus, jeruk nipis dapat digunakan menjadi cara mengusir ular. Buah ini menimbulkan aroma yang sangat dibenci oleh ular sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk membasmi ular. Untuk mengaplikasikannya, campurkan jeruk nipis dan cabai, aduk hingga merata.

Lalu, pindahkan ke dalam botol semprot dan semprotkan pada sudut rumah yang mungkin dilewati ular. Larutan ini akan bereaksi membuat kulit ular menjadi gatal-gatal.

6. Bawang putih dan bawang bombai

Bawang yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur ternyata bisa digunakan untuk mengusir ular. Kandungan asam sulfonat di dalamnya dikenal ampuh untuk membasmi ular dari rumah. Sebagai informasi, asam sulfonat adalah kandungan yang menyebabkan seseorang menangis saat memotong bawang.

Jenis bawang yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir yakni bawang putih dan bawang bombai. Cara mengusir ular dengan kedua bawang ini tidaklah sulit, campurkan kedua bawang tersebut dan tambahan sedikit garam, lalu taburkan disekeliling rumah.

Advertisement

Anda dapat menggunakan cara lainnya dengan mencampurkan bawang putih ke minyak esensial sebagai disinfektan untuk menyemprot tempat-tempat yang sulit dijangkau.

7. Semprotkan wewangian

cara mengusir ular

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara mengusir ular lainnya yakni menyemprotkan wewangian. Anda bisa menggunakan parfum atau pewangi ruangan. Sebab, ular sangat tidak menyukai aroma wewangian. Cukup semprotkan wewangian langsung ke badan ular. Dengan begitu, ular akan menjauh dari wewangian dan tidak berani untuk mendekat.

8. Bubuk belerang

Tak hanya manusia, hewan reptil ini pun juga membenci aroma belerang sehingga bisa dijadikan salah satu cara mengusir ular dari rumah. Letakkan bubuk belerang pada barang-barang di rumah. Bubuk ini bisa mengiritasi kulit ular ketika terkena sehingga ular tidak akan kembali. Mengingat belerang mengeluarkan bau menyengat, jangan lupa gunakan masker saat menggunakannya.***

Baca juga: 9 Cara Mengusir Kecoa Dari Rumah, Terbukti Ampuh dan Efektif

Lanjutkan Membaca