Connect with us

Nasional

Viral Parkir Gratis, Peminta yang Memaksa Bisa Dihukum Penjara 9 Tahun

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Foto banner parkir gratis bagi konsumen Indomaret viral muncul di media sosial

Foto banner parkir gratis bagi konsumen Indomaret viral muncul di media sosial

FAKTUAL-INDONESIA: Ketentuan parkir gratis bagi konsumen Indomaret kini tengah viral. Foto banner parkir gratis bagi konsumen Indomaret muncul di media sosial.

Bahkan Indomaret jadi terpopuler di twitter setelah berita pelanggan Indomaret bisa lapor polisi jika ditarik uang parkir viral.

“Khusus konsumen Indomaret. Apabila ada pihak meminta uang parkir dan anda merasa dirugikan, silakan laporkan Pasal 368-371 KUHP ke polsek terdekat atau hubungi Polse Bekasi Selatan dan Polres Metro Bekasi,” demikian pernyataan dari banner tersebut.

Mengacu pada ketentuan pasal 368 Kitab Undang Undang Hukum Pidana yang dimuat dalam banner tersebut maka mereka yang memaksa meminta ongkos parkir bisa dijatuhi hukuman penjara selama-lamanya sembilan tahun.

“Barangsiapa dengan maksud hendak menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hak, memaksa orang dengan kekerasan ancaman kekerasan, supaya orang itu memberikan barang, yang sama sekali atau sebagiannya termasuk kepunyaan orang itu sendiri kepunyaan orang lain atau supaya orang itu membuat utang atau menghapuskan piutang, dihukum karena memeras dengan hukuman penjara selama-lamanya sembilan tahun,” demikian bunyi Pasal 368 ayat (1) KUHP.

Advertisement

Berat juga. Banner parkir gratis tersebut lantas mendapat berbagai reaksi dari netizen.

Wiwiek Yusuf, Marketing Director PT Indomarco Prismatama selaku pengelola gerai Indomaret,  membenarkan adanya banner tersebut.

Menurutnya kebijakan tersebut dilakukan salah satu toko Indomaret di kawasan Bekasi.

“Betul, foto tersebut di toko Indomaret area Bekasi,” kata Wiwiek Yusuf, Rabu (27/10/2021) siang.

Wiwiek menjelaskan bahwa kebijakan tersebut dikeluarkan setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan kepolisian setempat.

Advertisement

“Ya di atas hasil koordinasi dengan Pemda dan kepolisian,” ujarnya.

Kebijakan parkir gratis ini diterbitkan agar konsumen Indomaret lebih nyaman berbelanja tanpa khawatir ditagih uang parkir.

“Agar konsumen lebih convinience atau nyaman,” tandasnya.

Beragam tanggapan netizen tentang aturan itu.

Beberapa netizen meminta kebijakan tersebut diterapkan di semua cabang Indomaret.

Advertisement

“Ayo dong nih taro di semua cabang,” tulis akun @supersonicsad di kolom komentar.

“Udah berbulan-bulan gue ga ke Indomaret deket rumah, karena ga sudi bayar (parkir),” tulis @windyarn.

Namun beberapa netizen lainnya berpendapat tidak masalah keluar uang Rp 2 ribuan untuk sekedar tukang parkir.

“sbnrnya gue ga masalah dengan adanya tukang parkir, asal dia keliatan kerjanya, misal bantu narikin motor, bantu berhentiin kendaraan dr lawan arah kalo nyebrang, ini udah pas dateng dia duduk aja, pas udah keluar dia bediri di belakang motor, pas udah dikasih malah lanjut ngopi,” kata @babanananana.

“Ko sedih ya.. padahal cuma 2ribu gitu. Dia juga kaga mau kaliii jadi kang parkir. Tp kan dgn cara itu dia bisa ngehidupin dan ngebiayain keluarga dan anak2nya. apa salahnya sih, saling membantu,” tulis @marmutmerahati. ***

Advertisement

= = = = = = = = =

‘HUBUNGI KAMI’

Apakah Anda tertarik  dengan informasi yang diangkat dalam tulisan ini? Atau Anda memiliki informasi atau ide soal politik, ekonomi, hukum dan lainnya? Bagikan pengalaman dan pendapat Anda dengan mengirim email ke aagwared@gmail.com

Harap sertakan foto dan nomor kontak Anda untuk konfirmasi. ***

= = = = = = = = =

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *