Connect with us

Nasional

Banjir Kepung Sejumlah Wilayah di Serang Banten, Warga Panik Minta Dievakuasi

Avatar

Diterbitkan

pada

Tim ACT tengah mengevakuasi salah seorang warga. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Banjir dengan ketinggian hingga leher orang dewasa menerjang sejumlah wilayah di Banten. Banyak warga dilaporkan terjebak di rumahnya dan meminta segera dievakuasi.

Hujan dengan intensitas tinggi memicu sejumlah sungai di daerah Banten meluap pada Selasa (1/3/2022). Daerah yang dilewati aliran sungai pun terendam banjir dengan ketinggian air bervariasi.

Zaenal Arifin dari tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Serang menjelaskan, banjir mulai masuk ke rumah-rumah warga dan terus meninggi sejak Senin (28/2/2022) malam.

Sebuah video amatir yang diterima tim ACTNews memperlihatkan sejumlah ibu minta dievakuasi karena terjebak banjir. Saat video direkam, rumah mereka tergenang banjir berarus deras.

Tim ACT tengah memberikan makanan kepada warga. (ist)

Zaenal menjelaskan, hingga kini banyak warga belum dievakuasi dan mendapat bantuan. Para korban saat ini membutuhkan makanan, air bersih, serta perahu karet untuk evakuasi.

“Sejumlah wilayah ketinggian airnya masih terus naik, karena hujan yang masih berlangsung. Banjir membuat beberapa ruas jalan terputus. Salah satunya di Jalan Raya Citeureup-Cibaliung. Banjir ini juga menyebabkan beberapa rumah rusak dan pohon tumbang. Jumlah kerusakan masih dalam pendataan,” kata Zaenal.

Advertisement

Tim Tanggap Darurat ACT pun saat ini tengah menuju lokasi para korban. Dua unit mobil rescue, serta beberapa perahu karet akan dikerahkan untuk membantu evakuasi para korban.

Lanjutkan Membaca