Connect with us

Nasional

Kloter Pertama Jemaah Haji Indinesia Tiba di Madinah, Dubes Berpesan Jangan Memaksakan Diri

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Warga Arab lantunkan thala'al badru, sambut kedatangan kloter pertama jemaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi, Minggu (12/5/2024)

Warga Arab lantunkan thala’al badru, sambut kedatangan kloter pertama jemaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi, Minggu (12/5/2024)

FAKTUAL INDONESIA: Kloter pertama jemaah haji Indonesia dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-01) sudah tiba di Madinah, Arab Saudi, Minggu (12/5/2024).

Sebanyak 393 jemaah mendapat sambutan meriah setibanya di lobi hotel Abraj Taba yang berada di Wilayah Syamaliyah (bagian utara Masjid Nabawi).

Hadir menyambut juga, Dubes RI di Saudi Abdul Aziz Ahmad, Konjen RI Yusran Bahauddin Ambary, Kepala Daker Madinah Ali Machzumi, Kepala Daker Makkah Khalilurrahman, pihak Dubes Abdul Aziz Ahmad berpesan agar jemaah tidak terlalu memaksakan diri beraktivitas di tengah cuaca panas di Madinah.asyarik, dan Tim Pengawas Haji.

Dikutip dari laman kemenag.go.id, ada beragam cara masyarakat Arab menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia. Selain memberikan sekuntum bunga mawar, penyambutan juga dilakukan dengan iringan lantunan thala’al badru.

Tiba di hotel sekitar pukul 09.00 waktu Arab Saudi (WAS), lantunan Thala’al Badru menambah haru suasana penyambutan jemaah.

Advertisement

“393 jemaah telah tiba di Madinah dan sudah tiba di Hotel Abraj Taba di Wilayah Syamaliyah yakni Utara Masjid Nabawi,” ungkap Kepala Daker Madinah, Ali Machzumi, di Madinah, Minggu (12/5/2024).

“Jemaah terlihat senang dengan sambutan yang diberikan, termasuk saat diberikan souvenir, makanan dan minuman ringan yang kemudian dilanjut dengan makan siang,” sambungnya.

Sebelumnya, ketika sampai di halaman hotel, jemaah menerima arahan dari pembimbing ibadah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, sebelum turun dari bus. Petugas mengingatkan kembali ibadah dan doa-doa yang baik dilakukan saat berada di Madinah. Tim Kesehatan juga memberikan arahan untuk antisipasi menghadapi kondisi panas selama di Madinah.

“Jemaah jangan lupa minum dan makan,” pesan Dr. Evi dari Tim Kesehatan. “Semoga semuanya diberi kesehatan dan bisa menunaikan ibadah dengan baik,” harapnya.

Kehadiran Kloter JKG 01 ini menandai dimulainya fase kedatangan jemaah haji Indonesia. Mereka mendapat penyambutan khusus. Mereka mendapat setangkai bunga mawar dan souvenir berupa Quran dan Sejadah serta Tasbih sebagai bentuk penghormatan kepada para tamu Allah.

Advertisement

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad berpesan agar jemaah tidak terlalu memaksakan diri beraktivitas di tengah cuaca panas di Madinah.

“Kami ingatkan kepada jemaah untuk mempertimbangkan kemampuan fisik saat beribadah. Jangan sampai hanya pas (puncak) hajinya sudah kehilangan tenaga,” ungkap Abdul Aziz usai menyambut kedatangan jemaah di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Minggu (12/5/2023).

“Ibadah itu baik. Tapi kalau terlalu memaksa dan membuat fisik kekuatannya berkurang sebaiknya dihindari,” imbuhnya.

Saat ini, suhu udara di Madinah saat siang hari dapat mencapai 40 derajat celcius. Untuk itu, Abdul Aziz juga berpesan agar jemaah senantiasa menjaga asupan cairan untuk mencegah dari dehidrasi.

“Cuaca panas harus terus diantisipasi. Terutama bagi mereka yang lansia. Harus siap dengan minuman dan semprotan air, terutama ketika cuaca terik,” pungkasnya. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement