Connect with us

Nasional

Berpotensi Tsunami Gempa Kuat M 7,3 Guncang Kepulauan Mentawai Sumbar, Tempat Tidur Bergoyang

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Peringatan Dini Tsunami, telah terjadi gempabumi dengan kekuatan:7.3, lokasi: 177 km BaratLaut KEP-MENTAWAI-SUMBAR, waktu:25-Apr-23 03:00:57 WIB, berpotensi Tsunami di wilayah: SUMUT

Peringatan Dini Tsunami, telah terjadi gempabumi dengan kekuatan:7.3, lokasi: 177 km BaratLaut KEP-MENTAWAI-SUMBAR, waktu:25-Apr-23 03:00:57 WIB, berpotensi Tsunami di wilayah: SUMUT (BMKG)

FAKTUAL-INDONESIA: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya memperingatkan, gempa bumi kuat magnitude (M) 7,3 yang mengguncang di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa dini hari, berpotensi tsunami.

Gempa yang terjadi pada pukul 03.00 WIB, lokasinya berada di 0,93 Lintang Selatan (LS)-98,39 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 84 kilometer.

Sedangkan pusat gempa berada di 177 kilometer (km) Barat Laut Kepulauan Mentawai.

Getaran gempa dirasakan sampai Padang. Selengkapnya menurut BMKG getaran gempa dirasakan sampai VI Siberut, VI Mentawai, V Pasaman Barat, V Padang Pariaman, V Agam,

V Padang, III Gunung Sitoli, III Padang Panjang, III Pesisir Selatan, III Limapuluhkota, III Solok Selatan, III Solok, III Bukittinggi, II Labuhan Batu, II Padang Sidempuan.

Advertisement

Di Lokasi yang sama gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 terjadi pada Minggu (23/4) pukul 04.17 WIB dengan pusat gempa berada di laut atau 177 kilometer Barat Laut Kepulauan Mentawai. Gempa bumi tersebut berada pada kedalaman 19 kilometer.

Dalam pantuan media, antaranews.com melaporkan, gempa yang berpusat di Bumi Sikerei tersebut dirasakan kuat oleh masyarakat hingga ke Kabupaten Pasaman Barat.

Iyen salah seorang warga di Kecamatan Kinali, Pasaman Barat mengatakan terkejut dan langsung keluar rumah setelah merasakan goncangan akibat gempa bumi tersebut.

Menurut kompas.com,  Gempa tersebut sangat kuat dirasakan warga Pesisir Selatan sehingga mereka terbangun tidur dan berhamburan keluar rumah.

“Sangat kuat. Saya terbangun dari tidur karena tempat tidur bergoyang kuat,” kata Putri kepada Kompas.com, Selasa (25/4/2023).

Advertisement

Menurut Putri, dirinya dan keluarga waspada dengan menyelamatkan diri keluar dari rumah dan mencari tempat aman.

“Iya keluar rumah dan cari tempat kosong yang aman,” kata Putri.

Kepala BPBD Pesisir Selatan Doni Gusrizal mengatakan gempa terasa kuat dirasakan oleh warga di Pesisir Selatan yang berada di pesisir laut dekat Mentawai.

 

“Saat ini belum ada laporan kerusakan yang diterima. Namun yang jelas gempa dirasakan sangat kuat di Pesisir Selatan,” kata Doni. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement