Home LifestyleWisata Pembukaan Destinasi Wisata Gunungkidul Mulai Disosialisasikan

Pembukaan Destinasi Wisata Gunungkidul Mulai Disosialisasikan

oleh Ki Pujo Pandunung

Wisata pantai Gunungkidul andalan kaum wisatawan. (Foto: FAKTUAL-INDONESIA/Ki Pujo Pandunung)

FAKTUAL-INDONESIA: Berbagai persiapan untuk membuka kembali destinasi wisata andalan yang selama ini tidur panjang akibat pandemi Covid-19, kini mulai dilakukan Dinas Pariwisata Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Beragam langkah dan strategi persiapan pembukaan kembali destinasi wisata itu antara lain, dengan mengundang Pokdarwis serta memberi pengarahan operasional pariwisata yang aman selama pandemi Covid-19.

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono, saat ini destinasi wisata di Bumi Handayani ini memang masih ditutup rapat. Meski demikian, peluang segera dibukanya kembali terbuka lebar mengingat sudah adanya sejumlah objek di DIY yang diizinkan buka.

“Soal pembukaan kawasan wisata, kita sangat bergantung kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemda DIY. Seraya menunggu kebijakan, tidak ada salahnya kami melakukan persiapan,” kata Hary, Kamis (16/9/2021).

Hary menyebut, besok pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan Pokdarwis untuk persiapan sekaligus sosialisasi terkait rencana pembukaan destinasi wisata.

Ia memprediksi, kawasan Pantai Baron sampai Kukup menjadi lokasi yang memungkinkan segera dibuka. “Tapi soal kapan pastinya kami masih menunggu pengumuman. Karena itu kepada kaum wisatawan kamj mohon untuk bersabar,” tuturnya.

Salah satu anggota Pokdarwis Kampung Emas di Dusun Plumbungan, Putat, Patuk, Andri Purwanto, mengatakan pihaknya sudah menerima undangan sosialisasi pembukaan objek wisata oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul. Pihaknya menyambut baik rencana tersebut, karena sudah lama pelaku wisata terkena dampak penutupan akibat pandemi.

Andri berharap, destinasi wisata bisa segera dibuka karena kebijakan tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas. “Kalau sudah resmi dibuka, pengunjung kan tidak perku sembunyi-sembunyi lagi,” katanya***

Tinggalkan Komentar