Connect with us

Wisata

Museum Kota Lama Dibuka, Pengunjung Diminta Tidak Berkerumun

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Museum Kota Lama Semarang. (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Museum Kota Lama, yang menjadi destinasi wisata baru Kota Semarang, mulai dibuka Sabtu besok (5/3/2022l. Sehubungan dengan itu Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, minta pengunjung jangan sampai berkerumun.

Menurut Hendi, sapaan akrab Wali Kota, meski antusiasme masyarakat besar untuk mengunjungi museum dengan teknologi immersive itu, dirinya meminta ada pengaturan jam kunjung sehingga tidak ada penumpukan.

Ia secara khusus meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang memaksimalkan sistem pemesanan aplikasi secara online. Diyakini, dengan menerapkan sistem pemesanan kunjungan secara online, kedatangan pengunjung dapat lebih terkontrol.

“Meski antusiasme masyarakat besar, tapi hari ini angka Covid-19 masih tinggi, sehingga pengaturan kunjungan menjadi wajib, agar kemudian aktivitasnya jalan, tapi penanganan Covid-19 juga jalan,” tekan Hendi.

Advertisement

Jadi kalau Museum mau dibuka harus dipastikan barcode peduli lindunginya terpasang, tidak ada kerumunan baik di dalam museum maupun di taman, dan fasilitas pendukung prokesnya harus lengkap.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang sendiri menyiapkan aplikasi bernama ‘Lunpia’ yang dapat diunduh di Playstore maupun Appstore.

Aplikasi tersebut digunakan sebagai single system pemesanan tiket, yang diberlakukan bagi pengunjung yang akan mengunjungi museum Kota Lama.

Namun meskipun sistem yang diberlakukan adalah pemesanan tiket, Museum Kota Lama sendiri saat ini tidak mengenakan tarif masuk bagi pengunjung, alias gratis.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement