Home LifestyleWisata Eksotisme Candi Prambanan Mampu Menyedot Ribuan Wisatawan

Eksotisme Candi Prambanan Mampu Menyedot Ribuan Wisatawan

oleh Ki Pujo Pandunung

Candi Prambanan yang menawan. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Geliat wisata di saat pandemi Covid-19 mereda, sungguh luar biasa. Eksotisme Candi Prambanan di perbatasan Jateng-DIY misalnya, kebanjiran ribuan wisatawan, Minggu (21/11/2021).

Dari catatan pengelola Candi Prambanan, sedikitnya ada 3.000 wisatawan dari dalam dan luar daerah yang berkunjung ke objek wisata Candi Prambanan hari Minggu. Angka hampir sama juga tercatat pada kunjungan wisatawan, Sabtu (20/11/2021).

Para wisatawan pada umumnya terdiri atas  rombongan keluarga, satu bus maupun datang bersama teman sebaya. Tidak sedikit pula rombongan mahasiswa dari berbagai daerah, yang datang untuk refreshing, dengan baik sepeda motor secara bergelombang.

Hampir semua mahasiswa mengaku, mereka berwisata ke Jogja dalam rangka libur pasca Ujian Tengah Semester (UTS) di kampus masing-masing di Semarang selama sepekan.

“Benar, kita ke Jogja cuma sehari saja. Nanti langsung pulang. Tujuan kami hanya ke Prambanan yang sangat eksotis ini,” tutur sekelompok mahasiswa.

Para wisatawan terlihat sangat senang, karena piknik bersama baru pertama kalinya mereka lakukan selama pandemi. Sepanjang pandemi, mereka memang tak pernah berwisata ke luar daerah.

“Alhamdulillah kami juga sudah divaksin Covid-19, jadi aman bisa mengakses masuk Candi Prambanan,” kata wisatawan lain, Sadewo Aji Nugroho, asal Wonosari, Klaten.

Menurut Aji, ia mengunjungi Candi Prambanan bersama keluarga naik mobil. Piknik sudah hampir dua tahun tidak ia lakukan karena dikepung pandemi.

‌”Maka ketika sekarang berkesempatan mengunjungi Candi Prambanan, hati rasanya plong bener,” pungkas Aji.***