Connect with us

Wisata

7 Tips Liburan Bersama Anak, Si Kecil Pasti Happy!

Avatar

Diterbitkan

pada

tips liburan bersama anak

Ilustrasi destinasi wisata ramah anak (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Setelah aturan terkait Covid-19 sedikit dilonggarkan, para orang memutuskan untuk mengajak sang buah hati untuk melancong bersamanya. Terlebih ketika momentum libur sekolah. Sebelum pergi, pastikan sudah mengetahui tips liburan bersama anak supaya jadi aman dan menyenangkan.

Mengajaknya pergi liburan bisa membuat hubungan anak dan orang tua jadi harmonis dan dekat. Selain itu, kegiatan bepergian bersama anak juga bisa dimanfaatkan orangtua sebagai waktu beristirahat dari padatnya pekerjaan.

Meski begitu, banyak orang tau berfikir bepergian dengan anak mungkin jadi pengalaman yang penuh tekanan dan stres karena kerepotan mengurus segala sesuatu yang diperlukan. Namun Anda tak perlu khawatir.

Pasalnya, ada beberapa kiat atau tips liburan bersama anak yang bisa orangtua lakukan tanpa pusing kepala. Dengan begitu, liburan bersama anak akan terasa mudah dan menyenangkan.

Baca juga: 6 Tips Naik Pesawat Bersama Bayi yang Perlu Diketahui Orang Tua

Berikut beberapa tips liburan bersama anak yang telah faktualid.com rangkum dari Travelpulse, Pegipegi, dan sumber lainnya.

Advertisement

1. Persiapkan kebutuhannya

tips liburan bersama anak

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips liburan bersama anak yang pertama yaitu mempersuapkan kebutuhan buah hati. Pastikan Anda membawa seluruh kebutuhannya seperti baju, susu, camilan, alat makan anak, popok, obat-obatan, dan lainnya sebelum pergi melancong. Usahakan untuk membawa mainan kesukaannya agar si kecil tidak bosan selama di perjalanan.

2. Tentukan ekspektasi

Menentukan ekspektasi saat bepergian dengan anak sejak awal menjadi tips liburan bersama anak. Sebelumnya, bicara dengan mereka tentang tujuan liburan dan tak lupa untuk menjelaskan durasi transportasi yang digunakan.

Misalnya, jelaskan tentang perjalan dari Jakarta ke Yogyakarta menggunakan kereta membutuhkan durasi panjang, kapan akan makan dan bermain, serta seperti apa aturan di kereta dan penginapan. Dengan memberitahu sebelumnya, si kecil akan lebih siap menghadapi perjalanan yang akan dialami.

3. Bawa camilan

tips liburan bersama anak

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips liburan bersama anak berikutnya yaitu membawa camilan. Anak-anak umumnya sangat suka mengunyah camilan. Waktu perjalanan yang cukup lama bisa membuatnya bosan di jalan. Supaya anak tidak rewel, siapkan camilan sehat untuknya atau makan kesukaannya.

Anda juga bisa menjanjikan camilan enak yang bisa dinikmati anak-anak di kereta atau pesawat agar mereka bersemangat saat bepergian.

4. Cari tujuan wisata ramah anak

Selain membawa camilan, tips liburan bersama anak yang tak kalah penting adalah mencari destinasi wisata ramah anak. Semisal Anda memutuskan liburan ke Bandung, pastikan untuk berdiskusi dengan anak tentang tempat yang ingin dia dikunjungi.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Keluarga di Bali, Ciptakan Pengalaman yang Tak Terlupakan!

Di kota tujuan, coba cari wisata yang memungkinkan si kecil berinterkasi dengan hewan atau wisata air. Sebab, anak-anak akan merasa bosan ketika hanya datang ke tempat wisata untuk berfoto karena mereka lebih suka bermain. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko anak rewel hingga ribut minta pulang.

Advertisement

5. Pilih penginapan ramah anak

tips liburan bersama anak

Ilustrasi hotel ramah anak (Foto: Istimewa)

Mencari hotel yang ramah anak juga tak boleh luput dari rencana. Usahakan cari hotel yang menawarkan kolam renang dan playground. Dengan begitu, mereka akan bahagia karena bisa bermain meski sedang berada di hotel.

Tak ketinggalan untuk mencari hotel yang dekat dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi supaya lebih mudah dijangkau.

6. Pilih tempat makan sesuai kebutuhan anak

Salah satu tips liburan bersama anak supaya selalu senang adalah memilih tempat makan sesuai kebutuhannya. Anda bisa mencari tahu info restoran melalui aplikasi atau media sosial seperti TikTok dan Instagram.

Disana, orangtua bisa menemukan menu di restoran tersebut apakah disukai anak atau tidak. Pasalnya, anak-anak kerap pemilih dalam hal makanan.

7. Perhatikan protokol kesehatan

tips liburan bersama anak

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips liburan bersama anak yang terakhir adalah tetap memperhatikan protokol kesehatam walaupun sudah ada pelonggaran Covid-19. Sebagai orangtua, pastikan Anda dan buah hati memakai masker, membawa hand sanitizer, tisu basah, dan tisu kering.

Tak hanya itu, sebisa mungkin hindari tempat wisata yang sekira padat dengan pengunjung mengingat anak-anak termasuk golongan dengan imunitas yang lebih rendah dibandingkan orang dewasa.***

Baca juga: 7+ Tempat Bermain Anak di Jakarta, Menyenangkan dan Edukatif!

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement