Connect with us

Wisata

7 Tips Dapat Tiket Pesawat Lebih Murah, Liburan Jadi Lebih Hemat!

Avatar

Diterbitkan

pada

Tips dapat tiket pesawat lebih murah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Saat ini, kebijakan terkait Covid-19 kian melonggar sehingga banyak yang memutuskan untuk berlibur. Pesawat merupakan pilihan transportasi yang pas untuk liburan meski harganya cukup mahal. Jika ingin liburan, penting untuk mengetahui tips dapat tiket pesawat lebih murah supaya menghemat pengeluaran.

Banyak orang menganggap berburu tiket murah sulit dan menjadi tantangan tersendiri sebelum perjalanan dimulai. Sebelum mencarinya, bahkan beberapa diantaranya sudah putus asa sehingga membatalkan perjalanan liburan karena tiket pesawat yang mahal.

Padahal, ada beberapa tips dapat tiket pesawat lebih murah. Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya perjalanan dan bisa mengalokasikannya untuk penginapan dan wisata kuliner di kota tujuan.

Baca juga: Liburan ke Jepang dan Korea, Ada Tiket Diskon Buat Kamu

Berikut beberapa tips dapat tiket pesawat lebih murah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Beli tiket jauh-jauh hari

Tips dapat tiket pesawat lebih murah yang pertama yaitu membeli tiket jauh-jauh hari. Terdapat periode tertentu ketika penerbangan murah kemungkinan besar akan muncul. Untuk penerbangan domestik, waktu terbaik untuk memesan biasanya satu hingga tiga bulan sebelum tanggal perjalanan.

Advertisement

Sedangkan untuk perjalanan internasional, dua hingga delapan bulan sebelumnya. Menurut sejumlah sumber, hari pembelian tiket yang ideal dilakukan pada hari Minggu dengan waktu keberangkatan hari Kamis atau Jumat. Jadi, usahakan tidak memesan tiket terlalu mepet.

2. Hindari musim liburan

Tips dapat tiket pesawat lebih murah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Akhir tahun memang waktu pas untuk liburan. Namun, hal itu membuat harga tiket pesawat jadi melonjak naik. Untuk itu, cobalah membeli tiket pada low season sebagai tips dapat tiket pesawat lebih murah. Pasalnya, akan sedikit orang bepergian saat low season sehingga kemungkinan tiket jadi lebih murah.

Hal itu membuat pergi liburan ketika low season menjadi andalan untuk beberapa orang. Jadi, Anda bisa bepergian selama periode ini tanpa menghabiskan banyak uang.

3. Cari tiket melalui situs Aggregator

Tips dapat tiket pesawat lebih murah berikutnya yaitu mencari tiket melalui situs aggregator. Melalui situs aggregator ini, Anda bisa melihat kalender penerbangan yang berisi harga tiket pesawat berdasarkan tanggalnya. Situs aggregator yang sering digunakan, yakni Skyscanner dan Google Flights.

Jika tujuan dan tanggal perjalanannya cocok, nanti web tersebut akan memberi tahu jika ada harga yang turun. Alhasil, Anda mendapatkan tiket penerbangan untuk bepergian dengan budget yang lebih sesuai.

4. Cari tiket yang nonrefundable

Tips dapat tiket pesawat lebih murah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Banyak orang yang enggan membeli tiket nonrefundable atau tiket yang tidak dapat dikembalikan. Disisi lain, tiket tersebut bisa memberikan keuntungan yakni harga yang lebih murah. Jika pelancong sudah yakin dengan tanggal perjalanan, membeli tiket nonrefundable bisa menghemat uang yang bisa digunakan saat berbelanja di kota tujuan.

Baca juga: Gegara Airport Tax, Harga Tiket Pesawat Naik Lagi Hingga Rp 60 Ribu

5. Hindari beli tiket secara bersamaan

Liburan memang lebih asyik bersama keluarga atau teman. Tak jarang banyak yang membeli tiket untuk rombongan dalam satu kode booking. Untuk mendapatkan harga murah, sebaiknya beli secara terpisah sebagai tips dapat tiket pesawat lebih murah.

Advertisement

Jika memesan beberapa tiket, maskapai penerbangan akan memasukkan seluruh grup ke dalam tarif satu keranjang. Semisal ada satu sisa tiket murah seharga Rp 999.000. Membeli dua tiket atau lebih membuat maskapai akan melewatkan satu tiket murah tersebut sehingga tarif seluruh kursi jadi sama.

6. Pantau media sosial maskapai

Tips dapat tiket pesawat lebih murah

Ilustrasi media sosial Qatar Airways (Foto: Istimewa)

Tips dapat tiket pesawat lebih murah lainnya adalah memantau media sosial maskapai. Setiap maskapai penerbangan saat ini tentu memiliki media sosial. Lewat media sosial, mereka kerap membagikan berbagai program bagibpelanggam, termausk saat ada promosi.

Jadi, ikuti media sosial mereka dan awasi penawaran promosi yang ditawarkan maskapai untuk memesan tiket bahkan menit terakhir dengan harga rendah yang mengejutkan. Anda juga bisa berlangganan untuk mendapatkan notifikasi flash sale dan diskon khusus penerbangan.

7. Cari di mesin pencari berbeda

Sebelum memesan tiket pesawat, ada baiknya juga mencari di beberapa mesin pencari yang memungkinkan untuk membandingkan harga yang ditawarkan oleh situs yang berbeda untuk penerbangan dan tanggal yang berbeda.

Biasanya juga akan ada notifikasi jika terjadi penurunan harga. Tidak ada mesin telusur yang tetap konsisten, jadi cobalah kombinasi mesin telusur untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Itulah beberapa tips dapat tiket pesawat lebih murah. Setelah mendapatkan tiket murah, nantinya bisa digunakan untuk penginapan atau membeli buah tangan.***

Advertisement

Baca juga: 7 Tips Mencegah Bagasi Hilang Saat Naik Pesawat, Gunakan Tanda Pengenal

Lanjutkan Membaca