Connect with us

Wisata

5 Tempat Menarik di Pecinan Glodok, Bisa Jadi Alternatif Wisata!

Avatar

Diterbitkan

pada

Tempat Menarik di Pecinan Glodok

Petak Enam (Foto: Manual Jakarta)

FAKTUAL-INDONESIA: Berbicara tentang Glodok, tentu yang terpikir di benak Anda adalah kawasan pecinaan. Disana terdapat Desa Pecinan Glodok yang berada di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat yang menyimpan sejarah dan budaya Tionghoa di Jakarta. Selain itu, ada beragam tempat menarik di Pecinan Glodok yang menjadi daya tarik wisata.

Melansir laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pecinaan Glodok merupakan permata pariwisata dan hasil kolaborasi seluruh etnis yang ada, seperti Tionghoa, Sunda, Betawi, Jawa dan lainnya. Sebuah kolaborasi yang terbentuk selama ratusan tahun.

Tak hanya sejarah dan kesenian, kawasan ini bisa menjadi potensi wisata di bidang belanja, kesehatan dan kuliner yang beragam khas peranakan.

Tahun ini, Kawasan Pecinan Glodok, Tamansari, Jakarta Barat (Jakbar), masuk dalam salah satu dari 50 besr Anugerah Desa Wisata Indonesia  (ADWI) 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Bapakekraf).

Baca juga: 7 Tempat Nongkrong di Jakarta Barat yang Dapat Kamu Kunjungi

Bagi warga Jakarta, rasanya cukup unik dan seru jika menghabiskan waktu luang dengan mengunjungi tempat menarik di Pecinan Glodok. Hal ini tentu bisa memberikan pengalaman baru terkait budaya Tionghoa.

Advertisement

Berikut beberapa tempat menarik di Pecinan Glodok yang telah faktualid.com rangkum dari Kompas dan Travel Wego.

1. Rumah Mayor Tionghoa Batavia (Candra Naya)

Tempat Menarik di Pecinan Glodok

Rumah Mayor Tionghoa Batavia (Candra Naya) (Foto: Dok Kemenparekraf)

Tempat menarik di Pecinan Glodok yang pertama yaitu rumah Tionghoa yang dulunya milik mayor Tionghoa Batavia atau biasa disebut Candra Naya. Rumah dengan dua patung ayam di atapnya ini menjadi satu cagar budaya yang dilindungi pemerintah.

Meski sudah dikelilingi bangunan tinggi dan mal, Candra Naya masih berdiri dengan gaya klasik khas Tionghoa. Di dalam, Anda bisa melihat atap yang terbuat dari kaca dengan naga-naga kecil tergantung di langit-langit pada ruang tengah.

Jika ingin foto-foto, Candra Naya bisa dijadikan koleksi foto yang bernilai sejarah tinggi sekaligus wisata sejarah. Saat malam hari, akan ada lampu-lampu yang menyala di atap dan cahaya lampion yang memunculkan kesan apik.

2. Pantjoran Tea House

Tempat Menarik di Pecinan Glodok

Pantjoran Tea House (Foto: Istimewa)

Berjarak 550 meter dari Candra Naya, Anda bisa menemukan kedai teh legendaris, Pantjoran Tea House. Eksterior bangunan mengikuti bentuk bangunan aslinya, yaitu Apotek Tjung Hwa, bagian sejarah kesehatan saat Jakarta masih bernama Batavia awal abad ke-20.

Pantjoran Tea House berada di Jalan Pancoran Nomor 4-6 ini kerap disebut sebagai restoran. Sebab, tempat menarik di Pecinan Glodok ini menyediakan menu makanan khas Negeri Tirai Bambu, seperti fishmaw soup, ayam kung po, sapi lada hitam, dan aneka seafood.

Uniknya, di pintu masuk terdapat deretan teko teh di depan pintu masuk. Sejak zaman dulu, teko-teko ini memang sengaja disediakan untuk para penjaja dagangan yang kehausan. Konon, dahulu sulit sekali mencari tempat yang menjual air minum di sekitar Glodok.

Advertisement

3. Pancoran Chinatown Point

Tempat Menarik di Pecinan Glodok

Pancoran Chinatown Point (Foto: Istimewa)

Tempat menarik di Pecinan Glodok berikutnya yaitu Pancoran Chinatown Point Bangunan kawasan Glodok ini memadukan bangunan hunian klasik-elegan, dengan area komersial, serta citywalk dan mal tematik.

Baca juga: HUT Ke-495, Yuk Nikmati 7 Kuliner Legendaris Khas Jakarta

Pancoran Chinatown Point merupakan tempat baru dan strategis yang bersejarah di Pusat Kota Jakarta. Beberapa dagangan dapat Anda temuka di antaranya pakaian, obat China, jamu, barang elektronik, dan tempat makan

4. Kopi Es Tak Kie di Gang Gloria

Tempat Menarik di Pecinan Glodok

Kedai Kopi Es Tak Kie (Foto: Istimewa)

Selain Pancoran Chinatown Point, tempat menarik di Pecinan Glodok lainnya adalah Kopi Es Tak Kie. Tempat kopi satu ini sering dikatakan es kopi paling terkenal seantero Jakarta. Kopi Es Tak Kie didirikan oleh seorang perantau dari Tiongkok bernama Liong Kwie Tjong yang sudah berdiri sejak 1927.

Tak heran banyak masyarakat yang menyebut tempat ini sebagai kedai kopi legendaris yang ada di Jakarta. Selain Kopi Es Tak Kie, di Gang Gloria tersedia banyak kuliner lainnya. Mulai dari Bakmi Amoy, barber shop ko Tang, Mie Kangkung Si Jangkung, Rujak Shanghai Gado-Gado Direktur, hingga Soto Betawi Afung

Pada masa jayanya, sejumlah restoran di Gang Gloria menjadi tempat jajanan favorit masyarakat setempat. Lokasi gang ini memanjang di bekas pertokoan Gloria. Dari tepi Jalan Pancoran menuju Pintu Besar, panjangnya bisa mencapai 120 meter.

5. Petak Enam dan Sembilan

Tempat Menarik di Pecinan Glodok

Petak Enam (Foto: Manual Jakarta)

Tempat menarik di Pecinan Glodok yang terakhir adalah Petak Enam dan Petak Sembilan. Petak Enam yang terletak di Gedung Chandra, Jalan Pancoran Nomor 43 Glodok ini terdiri dari beragam menu makanan khas Tiongkok, Barat, dan Nusantara dengan konsep foodcourt.

Area ini menawarkan tempat makan semi outdoor dengan memiliki desain dan arsitektur yang unik bernuansa China. Ditambah hiasan lampion merah dan ornamen-ornamen khas Negeri Tirai Bambu.

Tempat Menarik di Pecinan Glodok

Petak Sembilan (Foto: Istimewa)

Sedangkan Petak Sembilan merupakan pasar tradisional yang ingar bingar. Anda bisa menemukan segala macam hal, seperti kebutuhan rumah tangga, makanan, hewan peliharaan, bahan masakan, kain batik Tionghoa, hingga binatang-binatang yang dijual disini.

Kawasan tempat menarik di Pecinan Glodok ini sering dilewati sepeda motor dan banyak genangan air di jalannya, jadi disarankan untuk tidak pakai sepatu putih.***

Advertisement

Baca juga: Ini 10 Tempat Wisata di Jakarta yang Menarik

Lanjutkan Membaca