Connect with us

Wisata

Jadi Syarat Mudik Lebaran, Ini 4 Cara Daftar Vaksin Booster

Avatar

Diterbitkan

pada

Cara daftar vaksin booster

Ilustrasi vaksinasi (Foto: Humas Polresta Cirebon)

FAKTUAL-INDONESIA: Pemerintah baru saja mengumumkan bahwa masyarakat diperbolehkan melakukan mudik lebaran 2022 dengan syarat telah menerima vaksin booster. Hal ini membuat banyak warga yang ingin melakukan vaksin dosis ketiga. Namun, banyak yang belum mengetahui cara daftar vaksin booster yang menjadi syarat mudk lebaran.

Setelah kebijiakan tersebut, banyak warga yang antusias ingin melakukan vaksin booster. Pasalnya, bagi pemudik yang sudah vaksin lengkap tidak perlu melampirkan hasil negatif pemeriksaan Covid-19 saat melakukan perjalanan mudik.

Meski orang yang baru menerima vaksin premier (dosis satu dan dua) masih diperbolehkan mudik dengan melakukan rapid test antigen dan tes PCR, sangat disarankan warga sudah mendapatkan vaksin booster bagi yang ingin melakukan perjalanan mudik. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengikuti cara daftar vaksin booster yang mudah diaplikasikan.

Baca juga: Jadi Syarat Wajib Perjalanan, Begini Cara Mengisi eHAC di Aplikasi PeduliLindungi

Berikut beberapa cara daftar vaksin booster online yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Melalui aplikasi PeduliLindungi

Cara daftar vaksin booster yang pertama yaitu melalui aplikasi PeduliLindungi. PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Advertisement

Salah satu kegunaan aplikasi tersebut adalah bisa digunakan untuk mendaftar vaksin, baik dosis satu, dua, ataupun ketiga. Cara daftar vaksin booster secara online melaui PeduliLindungi sebagai berikut:

  • Pertama, unduh aplikasi PeduliLindungi di Google Play Store atau App Store. Jika sudah, buka aplikasi tersebut di smartphone
  • Lalu, login dan pasti sesuai dengan akun pribadi, dengan memasukkan nama lengkap dan NIK.
  • Klik ikon foto profil yang berada di pojok kiri bagian atas layar aplikasi.
  • Kemudian, tekan opsi “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”.
  • Jika pesan yang muncul “Anda berhak vaksinasi ke-3”, itu artunya Anda sudah bisa melakukan vaksinasi dosis ketiga.
  • Jika demikian, langkah selanjutnya bisa langsung mengunjungi fasilitas kesehatan (faskes) yang terdekat di wilayah Anda untuk mendaftar dan melaksanakan vaksinasi ketiga, dengan menunjukkan pesan tersebut ke petugas.
  • Terkait lokasinya, kunjungi laman ini https://covid19.go.id/faskesvaksin, masukkan provinsi dan kota tempat domisili Anda.

2. Melalui website PeduliLindungi

Tak hanya di aplikasi, cara daftar vaksin booster juga dapat dilakukan lewat website PeduliLindungi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi laman ini https://www.pedulilindungi.id terlebih dahulu melalui browser.
  • Lalu, masukkan nama lengkap dan NIK Anda pada kolom “Status Kesehatan”, dan pilih opsi “Periksa”.
  • Jika pesan yang muncul bertuliskan “Anda berhak vaksinasi ke-3”, itu tandanya Anda sudah berhak mendapatkan vaksinasi dosis ketiga.
  • Sama seperti di aplikasi, Anda bisa Kunjungi fasilitas kesehatan (faskes) yang terdekat di wilayah Anda untuk mendaftar jika telah mendapatkan pesan tersebut dan melaksanakan vaksinasi ketiga.
  • Untuk mencari faskes terdekat, silakan cari di kolom “Temukan Fasilitas Kesehatan yang Melayani Vaksinasi COVID-19”.
  • Setibanya di fakses yang Anda pilih, tunjukkan pesan tersebut ke petugas.

Baca juga: Kebijakan Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022 Tuai Kritikan, Warga yang Belum Vaksin Booster?

3. Lewat aplikasi JAKI

Cara daftar vaksin booster berikutanya yaitu melalui aplikasi JAKI. Melansir dari laman resmi Jakarta.go.id, Jakarta Kini atau JAKI adalah aplikasi pusat informasi dan layanan masyarakat resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga Jakarta.

Dari sebagian sekian banyak fitur, aplikasi tersebut bisa membantu Anda mendapatan vaksinasi booster secara online yang diperuntukkan bagi warga DKI Jakarta. Untuk mendaftarkannya, Anda juga memerlukan tiket vaksin booster yang terintegrasi di PeduliLindungi.

Cara daftar vaksin booster melalui aplikasi JAKI, sebagai berikut:

  • Pertama-tama, undah aplikasi aplikasi JAKI dan buka aplikasi tersebut di smartpohone
  • Di halaman awal aplikasi, pilih opsi “Vaksinasi Covid-19”.
  • Masukkan nama lengkap dan NIK Anda, lalu pilih opsi “Periksa”.
  • Cek apakah sudah mendapatkan jadwal vaksin atau belum.
  • Pilih tanggal yang sesuai dan Anda akan mendapatkan tanggal vaksin klik opsi “Daftar Ulang Vaksinasi Dosis 3”.
  • Isi kategori penerima vaksin, dan pilih lokasi faskes dan isi lengkap data diri.
  • Tinjau formulir yang sudah diisi. Jika sudah sesuai klik opsi kirim formulir, lalu isi pre-screening dengan lengkap.
  • Jika sudah, Anda bisa mengcek jadwal vaksinasi dan unduh kartu kendali.
  • Setelah itu, Anda hanya perlu datang ke lokasi faskes untuk melaksanakan vaksinasi dosis ketiga sesuai dengan jadwal yang tadi telah ditetapkan. pastikan Anda membawa bukti daftar vaksinasi booster dari aplikasi JAKI dan KTP ASLI.

4. Datang langsung ke faskes

Cara daftar vaksin booster yang terakhir adalah datang langusng ke fasilitas kesehatan. Vaksinasi booster secara gratis ini dilaksanakan di fasilitas kesehatan milik pemerintah yaitu puskesmas, rumah sakit (RS) pemerintah, ataupun RS pemerintah daerah (RSUD).

Umumnya, cara ini dilakukan bagi orang yang termasuk ke dalam kelompok prioritas namun belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi, Jika demikian, Anda bisa langsung ke faskes terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Itulah beberapa cara daftar vaksin booster secara online dan offline. Jika memang belum mendapatkan, pastikan Anda sudah memenuhi syarat, salah satu menerima vaksin dosis kedua minimal 3 bulan sebelumnya. Setelah mendapatkan vaksin dosis ketiga, Anda bisa mudik lebaran dengan aman.***

Advertisement

Baca juga: Sertifikat Vakin Booster Belum Muncul? Begini Caranya

Lanjutkan Membaca