Connect with us

Wisata

Wow! Kereta Paranomic Diperkenalkan, Tarif Rp750.000

Avatar

Diterbitkan

pada

Kereta api Paranomic desain mewah dan nyaman. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Kereta Api Indonesia (KAI) memperkenalkan kereta Paranomic di momen libur Natal dan Tahun Baru ini. Kereta ini dirangkai pada perjalanan KA Taksaka Tambahan relasi Jakarta Gambir-Yogyakarta Tugu.

Kereta istimewa ini didesain khusus yaitu atap kereta tranparan sehingga penumpang bisa indahnya pemandangan di langit.

“KA Taksaka Tambahan yang dirangkai dengan gerbong kereta Panoramic dijalankan sejak Sabtu 24 Desember hingga 8 Januari,” kata Manajer Humas KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Franoto Wibowo di Yogyakarta, Minggu (25/12/2022).

Setiap rangkaian KA Taksaka Tambahan tersebut akan dirangkai dengan satu gerbong kereta Panoramic yang memiliki kapasitas 46 tempat duduk

KAI memperkenalkan kereta Panoramic yang menawarkan sensasi dan pengalaman berbeda saat naik kereta api karena pelanggan bisa menikmati pemandangan dengan lebih leluasa sepanjang perjalanan.

Advertisement

Kereta tersebut memiliki jendela kaca berukuran besar di kedua sisinya dan atap kaca dari depan hingga belakang yang bisa dibuka tutup secara otomatis.

Fasilitas di dalam kereta juga didesain untuk mendukung kenyamanan pelanggan, salah satunya kursi yang bisa diputar menghadap jendela dan tirai yang dapat dikendalikan dengan remote.

Toilet pun sudah dilengkapi sensor otomatis dan pelanggan bisa menyimpan koper di rak bagasi khusus di ujung kereta.

Dari Stasiun Tugu Yogyakarta, KA Taksaka Tambahan tersebut dijalankan dua kali sehari yaitu pada pukul 21.40 WIB dan tiba di Stasiun Gambir Jakarta pada pukul 05.33 WIB, serta diberangkatkan pada pukul 12.00 WIB dan tiba di Gambir pada pukul 19.30 WIB.

Tiket sudah bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access atau melalui website penjualan tiket kereta api, dan channel resmi penjualan tiket lainnya.

Advertisement

Pada masa perkenalan, tiket kereta Panoramic dijual dengan harga promosi yaitu mulai Rp750.000.

Saat ini terdapat dua kereta Panoramic yang merupakan inovasi dari Balai Yasa KAI Surabaya Gubeng dan dimungkinkan akan terus ditambah untuk dirangkaikan ke lebih banyak perjalanan kereta api sehingga pelanggan memiliki lebih banyak pilihan.

Franoto mengatakan, minat pelanggan untuk mencoba kereta Panoramic cukup tinggi dan hingga Minggu (25/12), tiket untuk keberangkatan pukul 12.00 WIB terjual 188 tempat duduk dari total 690 tempat duduk selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023.

Sedangkan tiket untuk keberangkatan pukul 21.40 WIB terjual 71 tempat duduk dari 736 tempat duduk yang disediakan. Yuk, coba!***

Advertisement
Lanjutkan Membaca