Connect with us

Wisata

KADIN Gelar Djakarta Festival 2022 di Parkir Timur Senayan, Gratis

Avatar

Diterbitkan

pada

Djakarta Festival 2022 akan digelar pada 26 Agustus di Parkir Timur, Senayan. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Djakarta Festival 2022 akan digelar mulai Jumat (26/8/2022) hingga Minggu (28/8/2022) di Parkir Timur Senayan Jakarta menghadirkan aneka kuliner, craft, fesyen, dan technopreneur dengan produk yang telah lolos kurasi dengan melibatkan 300 industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro kecil menengah (UMKM), termasuk usaha yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Festival ini difasilitasi oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) DKI Jakarta.

Ketua Umum KADIN DKI Jakarta Diana Dewi mengatakan festival yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Rapat Pimpinan Provinsi (RAPIMPROV) ke III KADIN DKI Jakarta9 itu akan diikuti oleh 300 peserta IKM dan UMKM di bidang usaha kuliner, fashion, craft dan technopreneur dengan produk yang telah lolos kurasi dari pihak penyelenggara meliputi izin usaha, model kemasan, jumlah kapasitas produksi per hari, serta portfolio yang dimiliki.

“KADIN DKI Jakarta sebagai pihak penyelenggara bertujuan untuk mengukuhkan komitmen antarpemangku kepentingan agar berpihak dan berkolaborasi bersama dalam mengangkat kembali IKM dan UMKM DKI Jakarta, khususnya setelah dilanda pandemi COVID-19,” kata Diana dalam pernyataannya, Rabu (28/8/2022).

Beberapa produk yang dipasarkan pada Djakarta Festival antara lain tas bahan rajutan, kreasi dari batik tenun. Para IKM dan UMKM ini mendapat stan (tenda, meja, kursi, listrik) pada kegiatan Djakarta Festival secara gratis.

Advertisement

“Konsep besar Djakarta Festival dalam kegiatan ini adalah nobody left behind. Artinya, semua lapisan diajak berkolaborasi terlibat. KADIN DKI Jakarta ingin melakukan tindakan nyata supaya UMKM milik disabilitas bisa sejajar dengan UMKM lainnya. Keterlibatan disabilitas sebagai bagian dari masyarakat ini berdampingan dengan pilar lainnya yakni pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat umum,” katanya.

KADIN DKI Jakarta mempunyai komitmen penuh terhadap pendampingan UMKM untuk terus naik kelas hingga bisa go digital, go global menembus pasar Ekspor.

Diana Dewi berharap penyelenggaraan Djakarta Festival dapat berjalan dengan lancar, memberikan manfaat kepada peserta UMKM. dan membuat masyarakat bangga untuk menggunakan produk anak bangsa.

“Semoga Djakarta Festival yang merupakan bagian dari program kerja KADIN DKI Jakarta ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Menjadi pembangkit semangat promosi produk dalam negeri agar bangga dengan buatan Indonesia.

Dampak selanjutnya adalah meningkatkan lapangan kerja dan secara tidak langsung meningkatkan pendapatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional pascaCOVID,” kata Diana.

Advertisement

Festival terbuka untuk umum secara gratis, namun pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan dan sudah mendapat vaksinasi COVID-19.

Bagi masyarakat yang belum mendapat vaksin booster atau dosis ketiga, stan vaksin juga tersedia secara gratis di Djakarta Festival.***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca