Connect with us

Wisata

Bukan 7 Keajaiban Dunia, Tapi Ini yang Terpenting dari Candi Borobudur

Avatar

Diterbitkan

pada

Candi Borobudur tak termasuk 7 keajaiban dunia lagi. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Candi Borobudur dulu pernah terdaftar sebagai salah satu dari 7 kejaiban dunia. Namun kini, posisinya sudah tidak lagi masuk dalam 7 keajaiban dunia. Meski demikian, pakar pengkaji pelestari Balai Konservasi Borobudur mengakui yang terpenting bukan hal itu.

Menurut Brahmantara, pakar tersebut, 7 keajaiban dunia dibuat berdasarkan polling. Sebetulnya, 7 keajaiban dunia itu daftar yang dibuat oleh New Open World Corporation (NOWC) dan sudah berlangsung beberapa tahun lalu. NOWC membuat polling di tahun 2007 bertajuk ‘New 7 Wonders of The World’ yang dipilih oleh 100 juta voters.

“Tentang 7 Keajaiban Dunia itu kan polling media. Kalau yang terkait dengan pengelolaan Candi Borobudur sebagai warisan dunia itu adalah penetapan dari UNESCO. Yang penting yang penetapan ini,” kata Brahmantara.

Meski Borobudur (Magelang) dan Sawah Terasering Tegallalang (Bali) masuk nominasi, keduanya tidak terpilih. Kendati demikian, Pengkaji Pelestari Balai Konservasi Borobudur Brahmantara, mengaku ada hal yang lebih penting dari 7 Keajaiban Dunia dan berhasil disabet Borobudur.

Borobudur sudah ditetapkan menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 1991. Borobudur adalah salah satu monumen Buddha terbesar di dunia dan dibangun antara abad ke-8 dan ke-9 Masehi pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra.

Advertisement

Sementara itu, pemilihan 7 Keajaiban Dunia tidak ada kaitannya dengan UNESCO. Sehingga nilai sebagai warisan budaya dunia adalah sangat penting.

Saat ini yang termasuk dalam 7 Keajaiban dunia, terpilih dari New Open World Corporation adalah:

1. Colosseum Italia
2. Tembok Besar China
3. Petra Yordania
4. Machu Picchu di Peru
5.Taj Mahal India
6. Patung Kristus Penebus di Brasil
7. Chichen Itza di Meksiko

Candi Borobudur adalah peninggalan budaya yang harus dilestarikan dan dirawat.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca