Home LifestyleWisata Pantai Baron, Wisata Klasik Jogja Yang Menjadi Favorit

Pantai Baron, Wisata Klasik Jogja Yang Menjadi Favorit

oleh Hana Chaniago
pantai baron

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUALid – Pantai Baron merupakan salah satu pantai klasik di Indonesia yang hingga saat ini masih ramai didatangi pengunjung. Objek wisata di Gunung Kidul ini tetap berdiri dan menghadirkan beberapa fasilitas Pantai Baron baru. Fasilitas ini menambah daya tarik tersendiri yang wajib dikunjungi.

Perlu diakui, Pantai Baron yang dahulu memang beda dengan Pantai Baron yang sekarang. Banyak yang terpukau melihat apa saja yang ada disini. Seakan-akan tempat ini bertranformasi dan lahir kembali menjadi kawasan nan eksotis.

Mau tahu, bagaimana keindahan Pantai Baron ini? berikut deskripsi tentang Pantai Baron yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Sejarah pantai Baron

Zaman dulu, ada seorang warga Belanda yang bernama Baron Skeber yang datang ke tempat ini. Baron datang ke Pantai ini untuk berlabuh karena tempat ini memiliki teluk yang cukup eksotis. Selain itu, bibir pantai yang menjorok membuat kawasan ini sangat cocok digunakan untuk melabuhkan kapal.

Baron pun menggunakan pantai ini sebagai gudang senjata. Walaupun warga negara asing, Baron Skeber juga dipercaya sebagai bangsawan yang mempunyai kesaktian yang diakui oleh banyak orang. Oleh karena itu, penduduk sekitar pun memberikan nama Pantai ini dengan nama pantai Baron.

Sejak dulu, pantai Baron dikenal dengan sebuah teluk, dimana air yang membelah kedua daratan yang tidak terlalu luas. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa berjalan dan menikmati kawasan ini di titik favorit.

2. Dikembangkannya Mercusuar

Selain pantai, wisatawan juga bisa menikmati keindahan objek wisata dengan cara lain. Dengan menyusuri kawasan mercusuar yang berada di bukit sebelah kiri dari kawasan ini. Cara menuju ke kawasan ini sendiri bisa naik dari jalan setapak yang berada di area parkiran. Tetapi saat sudah berada diatas, wisatawan akan melihat mercusuar yang mempesona. Disini juga anda bisa melihat keindahan pantai Baron dari atas. kapal-kapal nelayan ini akan menambah daya tarik tersendiri.

Ada yang menarik saat wisatawan memutuskan melihat dari atas mercusuar. Hadirnya sebuah pulau kecil. Hanya saja wisatawan harus jeli melihatnya. Karena, pulau ini cukup kecil dan terletak di sisi timur dari pantai.

Saat mendaki keatas dan masuk ke mercusuar, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 2 ribu rupiah saja. Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, anda bisa menyusuri ladang. jarak tempuhnya juga cukup menguras tenaga dengan track yang cukup menantang. Sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

3. Kuliner dan Liburan Keluarga

Cara menikmati Pantai Baron ini adalah dengan duduk-duduk di bawah pohon yang rindang dengan menggelar tikar. Kemudian membeli beberapa makanan yang dijual di sekitar Pantai Baron ini atau membawa bekal sendiri dari rumah. Kawasan ini memang mampu menghadirkan suasana hangat diantara keluarga.

Kawasan ini juga disinggahi oleh para nelayan, jadi para wisatawan bisa membeli ikan yang masih segar dari nelayan yang singgah ke pantai Baron ini. Selain itu, wisatawan juga bisa memanfaatkan kapal-kapal ini sebagai objek foto. Kapal-kapal yang bersandar disini jumlahnya cukup banyak sehingga sangat instagramable bila dijadikan landmark foto.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Jogja Wajib Dikunjungi Setelah Pandemi

4. Jam Matahari

Selain jam matahari yang mempesona, wisatawan juga disuguhkan dengan kincir yang keren sekali. Titik ini biasanya digunakan sebagai spot untuk melihat matahri terbenam. Untuk mencapai kawasan ini, sebelum gapura Pantai Baron, arahkan kendaraan anda ke kanan lalu ikuti papan petunjung yang sudah banyak tersedia sebagai pemandu.

Menuju ke tempat ini harus berhati-hati karena jalan yang ditempuh cukup menguji adrenalin anda. Tetapi, setelah tiba di tujuan, wisatawan pasti akan betah untuk berlama-lama di tempat ini.

5. Alamat dan Rute Lokasi

Alamat pantai Baron berada di Rejosari, Kemadang Tanjung sari Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada dua cara yang untuk menempuh kawasan tersebut. Bisa dengan menggunakan transportasi pribadi bisa juga menggunakan transportasi umum.

Bila menggunakan transportasi umum, anda bisa menaiki bus tujuan terminal Wonosari dari Giwangan Yogyakarta. Dari terminal Wonosari, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki bus lagi tujuan Pantai Baron.

Baca juga: 7 Rekomendasi Wisata Kota Padang Yang Wajib anda kunjungi

6. Upacara Tradisional

Jika anda ingin melihat upacara tradisional di Pantai Baron, anda bisa datang pada 1 syuro ditanggalan Jawa atau 1 muharram. Dimana anda bisa menyaksikan bagaimana keindahan dan pesona budaya kota Yogyakarta.

Acara larung saji juga disebut dengan sedekah laut ini merupakan wujud rasa terimakasih kepada tuhan yang maha esa karena panen ikan yang sangat melimpah. Upacara sakral ini hampir setiap tahun dilaksanakan.***

Tinggalkan Komentar