Connect with us

Otomotif

Uji Emisi Jadi Syarat Perpanjang STNK Mulai Desember 2022

Avatar

Diterbitkan

pada

Uji Emisi Jadi Syarat Perpanjang STNK

Mulai Desember 2022, Uji Emisi Jadi Syarat Perpanjang STNK (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Mulai Desember 2022, seluruh kendaraan roda empat di Jakarta diwajibkan lulus uji emisi apabila hendak perpanjang STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Jika tidak lulus, maka denda pajak akan menanti.

“Jika tidak lulus uji emisi dan atau belum melakukan uji emisi dikenakan denda pajak. Koefisien dendanya saat ini sedang dibahas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Kemendagri dan Kemenkeu,” kata kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto dalam keterangan tertulisnya

Pihaknya mengatakan kebijakan uji emisi jadi syarat perpanjang STNK ini akan dijadikan dasar pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan akan segera diterapkan ketentuan pada tahun ini.

Baca juga: Uji Emisi Bakal Jadi Syarat Perpanjang STNK Masih Dikaji Polda Metro, Roda Dua Termasuk?

Dia juga menambahkan, untuk penerapannya di DKI Jakarta sedang mengajak komunikasi Polda Metro Jaya dan Badan Pengelola Pendapatan Daerah dan Dinas Perhubungan.

“Kami sedang memformulasikannya bersama oleh Dinas Lingkungan Hidup, Polda Metro Jaya, Badan Pengelola Pendapatan Daerah dan Dinas Perhubungan,” imbuh Asep, yang dikutip Kamis (18/8/2022).

Advertisement

Terkait kebijakan uji emisi jadi syarat perpanjang STNK ini, Pemerintah provinsi DKI Jakarta menambah lokasi uji emisi kendaraan bermotor roda dua dan roda empat di Jakarta. Daftar lokasi uji emisi juga bisa dicek pada situs https://ujiemisi.jakarta.go.id.

Tidak hanya lokasi uji emisi yang ditambah, Pemprov DKI juga menambah bengkel uji emisi  Berdasarkan data DLH DKI Jakarta yang diunggah melalui laman ujiemisi.jakarta.go.id.

Baca juga: Pemprov DKI Perbanyak Layanan Uji Emisi untuk Tingkatkan Kualitas Udara

Saat ini jumlah bengkel uji emisi kendaraan roda empat mencapai 317 bengkel atau bertambah dibandingkan posisi Januari 2022 mencapai 268 bengkel.

Kebijakan uji emisi jadi syarat perpanjang STNK ini diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Sumber polusi terbesar di Ibu Kota bersumber dari sektor bergerak, yaitu kendaraan bermotor dan transportasi darat.

Untuk biaya uji emisi sendiri bervariasi sesuai ketetapan tempat uji emisi tersebut. Untuk saat ini dari data kondisi di lapangan dengan kisaran harga Rp 100-250 ribu untuk mobil sudah bisa melakukan uji emisi.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca