Connect with us

Otomotif

Kenapa Motor Keluaran Terbaru Tidak Ada Kick Starter? Ini Alasannya

Avatar

Diterbitkan

pada

Motor Keluaran Baru Tidak Ada Kick Starter

Ilustrasi motor keluaran baru tidak ada kick starter (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Saat ini, motor tanpa kick starter sedang tren di temukan pada motor keluaran baru. Padahal fitur tersebut kerap dibutuhkan dalam keadaan darurat. Meski menuai pro dan kontra, tentu ada alasan mengapa motor keluaran baru tidak ada kick starter.

Di kelas motor yang entry level, terlihat cukup banyak motor yang absen pada model engkol. Bahkan di segmen skutik maupun sport, saat ini sudah tak lagi menggunakan starter engkol.

“Kalau kita lihat dari data surveinya teman-teman marketing kepada konsumen-konsumen segmen khususnya di bagian matik premium high, penggunaan kick stater itu mereka sudah sangat jarang. Karena sangat jarang itu, kita eliminasi fitur tersebut,” ungkap Reza selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) dalam konferensi virtual beberapa waktu lalu.

Absennya kick starter membuat beberapa orang merasa kerepotan saat akan menghidupkan motor ketika electric starter macet. Namun, pabrikan sudah memikirkan hal tersebut dengan menyematkan indikator kondisi aki atau baterai terletak di spidometer.

Motor Keluaran Baru Tidak Ada Kick Starter

Indikator daya baterai pada motor keluaran baru tidak ada kick starter (Foto: Istimewa)

Indikator akan menampilkan gambar baterai beserta angka voltasenya yang perlu diperhatikan penggunanya.

Hadir instrumen tersebut pada motor keluaran baru tidak ada kick starter ini akan mempermudah pemilik mengetahui kondisi aki terkini. Saat aki mulai ngedrop, pemilik bisa segera tahu dan memeriksakan kendaraan ke bengkel.

Advertisement

Baca juga: 6 Tips Merawat Aki Motor agar Tahan Lama dan Tetap Prima

Reza juga menjelaskan, bila indikator baterai menyala dengan tegangan 11,6 volt maka motor tetap bisa dinyalakan tapi akan ada indikator baterai warna merah. Tegangan dari aki normal di indikator sekitar 12 volt.

Sementara itu, jika tegangan baterai mencapai 11 volt, motor sudah tidak bisa dihidupkan lagi. Jika demikian, indikator baterai akan terus menyala, dan pemilik harus segera melakukan pemeriksaan.

“Kalau benar-benar ngedrop, kita di aftersales service kita itu ada namanya layanan Honda Care. Apabila kondisi jauh dari AHASS, itu konsumen bisa menggunakan AHASS terdekat melalui Honda Care, itu akan dibantu untuk penanganan motornya,” ujar Reza, dikutip dari Kompas, pada Selasa (12/04/2022).

Merusak komponen motor lain

Dilansir dari laman Astra Motor, motor keluaran baru tidak ada kick starter tidak selama merugikan. Kehadiran kick starter rupanya bisa berpotensi merusak komponen lainnya. Sebagai contoh jika motor dengan kehadiran kick starter mendapatkan kondisi aki sudah habis justru akan dibiarkan saja oleh pemilik kendaraan.

Pasalnya, motor masih bisa dinyalakan dengan kick starter sehingga pemilik mengabaikan untuk mengganti aki dalam waktu lebih lama.

Advertisement

Harusnya fungsi aki pada motor sangat penting untuk menstabilkan kelistrikan. Jika dibiarkan ketika dayanya melemah, maka akan menggangu kelistrikan komponen lainnya yang menjadi lemah. Itulah mengapa untuk tetap menjaga pemilik kendaraan disiplin dalam merawat kendaraan secara berkala maka fitur kick starter dihilangkan.***

Baca juga: 6 Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Matic, Mudah Diterapkan

Lanjutkan Membaca
Advertisement