Connect with us

Otomotif

Lakukan Hal Ini Setelah Mobil Melibas Genangan Banjir

Avatar

Diterbitkan

pada

Mobil Melibas Genangan Banjir

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Curah hujan yang cukup deras dan awet membuat sebagian wilayah Indonesia terendam banjir. Tak hanya berdampak pada masyrakat, kondisi ini juga kerap merugikan mobil. Tentu banyak mobil yang terpaksa melewati genangan banjir. Bila terpaksa, sebagainya lakukan hal ini setelah mobil melibas genangan banjir.

Sebenarnya, para pengendara sudah memperkirakan lokasi banjir tersebut masih bisa dilewati dengan aman oleh mobil. Mungkin Anda bisa melewatinya dengan baik tanpa mobil mengalami masalah. Meski begitu, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan setelah mobil melibas genangan banjir.

Privater detailing mobil, Saiful menyarankan lakukan pengecekan segera sejumlah bagian mobil usai mobil melewati genangan air.

Baca juga: 5 Penyakit Mobil Setelah Mudik yang Umum Terjadi, Apa Saja?

“Kita menerjang air yang tidak kita ketahui kandungan dan jenisnya. Bisa saja air tersebut bersifat asam yang akan merangsang timbulnya karat,” ujar Siaful, melansir otodriver, Senin (18/7/2022).

Setelah itu, ia juga menyarankan untuk membilas kolong mobil karena mungkin saja adanya lapisan lumpur atau pasir yang membahayakan mobil.

Advertisement

“Sebisa mungkin bagian kolong mobil dapat dicuci dengan baik. Cari tempat cuci yang punya sarana hydrolic car lift,” sambungnya.

Saiful juga mengatakan bahwa langkah cuci kolong ini menjadi bagian ritual cuci setelah menerjang hujan. Menurutnya, dengan melakukan langkah ini, maka mobil lebih terhindar dari kerusakan bodi akibat karat setelah mobil melibas genangan banjir.***

Baca juga: Inilah 6 Penyebab Aki Mobil Tekor yang Jarang Disadari

Lanjutkan Membaca