Connect with us

Otomotif

Motor Kawasaki W175, Motor Klasik Modern

Avatar

Diterbitkan

pada

Motor Kawasaki W175, motor klasik modern. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Motor baru Kawasaki W175 merupakan motor klasik canggih dengan mesin injeksi dan spidometer digital. Harganya pasti bikin penasaran. Mau tahu?

Motor retro ini meluncur di Tanah Air sejak 2017 lalu masih menggunakan mesin karburator. Motor baru Kawasaki W175 tidak hanya hadir dengan mesin sudah injeksi namun dibekali fitur-fitur baru. Tampilan juga lebih keren.

Seperti dikutip Motorsport-online, di India baru saja meluncurkan motor baru Kawasaki W175 hanya dalam satu versi namun telah dengan beragam fitur baru.

Secara tampilan, masih model klasik ala motor sport tahun 80-an berbasis model Kawasaki W175 ditambah behel belakang dan reflektor samping. Sekilas tampak identik versi lokal, mulai dari bentuk spion, lampu full bohlam, desain bodi, jok hingga bagian kaki-kakinya.

Rangkanya juga tipe double cradle dengan mesin berkapasitas 177 cc SOHC 2 katup berpendingin udara, yag dipadu transmisi manual 5 percepatan.

Advertisement

Bedanya, mesin Kawasaki W175 versi India telah dibekali balancer, sistem injeksi dan knalpot dengan katalis sehingga lebih minim getaran, efisien dan ramah lingkungan.

Di atas kertas, tenaganya tidak berubah yaitu 13 dk @7,500 rpm dengan torsi maksium 13,2 Nm @6.000 rpm. Karena dari karburator berubah ke injeksi, kapasitas tangki bensin W175 yang semula 14 liter mengecil jadi 12 liter.

Untuk panel instrumen,  Kawasaki W175 versi India lebih lengkap dan modern, sudah semi digital serta dilengkapi indikator bensin.

Persis versi Indonesia, suspensi depan juga masih sama yaitu menggunakan teleskopik 30 mm dan suspensi belakang ganda dengan setelan preload.

Namun, untuk pengereman Kawasaki W175 versi India lebih mantap berkat kaliper Bybre 2 piston dan piringan cakram lebar 270 mm. Mengikuti standar yang berlaku di sana, rem depannya dengan sistem ABS, sementara roda belakang masih rem tromol.

Advertisement

Efek dari Ubahan tersebut, bobot W175 versi India memang jadi lebih berat yaitu mencapai 135 kg, sedangkan versi Indonesia hanya 126 kg.

Ukuran velg Kawasaki W175 di India dan Indonesia pun identik, yakni jari-jari 17 inci dengan ban 80/100 depan dan 100/90 belakang.

Sudah dirakit CKD, Kawasaki W175 India ada tipe standar dengan warna Ebony setara Rp 27,5 juta dan SE warna Candy Persimmon Red seharga Rp 28 juta.

Sebagai perbandingan, di Tanah Air W175 ini mempunyai tiga pilihan warna dan dijual Rp 34,3 juta OTR Jakarta.

Melihat Kawasaki W175 di sini belum ada perubahan signifikan, sepertinya tinggal menunggu waktu saja untuk dirilis di Tanah Air.***

Advertisement

 

 

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca