Connect with us

Otomotif

Diam-Diam, Ternyata Honda Juga Memproduksi Pesawat Jet Pribadi

Avatar

Diterbitkan

pada

FAKTUAL-INDONESIA : Ternyata Honda yang  dikenal sebagai perusahaan kendaraan terbesar di dunia motor dan mobil juga memiliki divisi untuk merancang produk lainnya.

Honda diam-diam juga memproduksi produk lain hingga pesawat jet. Salah satu yang terkenal juga adalah robot canggih Asimo.  Di luar itu Honda Motor Company Ltd juga memproduksi kendaraan ATV, genset (generator listrik), mesin kapal (boat), dan alat potong rumput.

Divisi Honda Aircraft Company, Honda membuat pesawat jet pribadi dengan kerja sama GE Honda Aero Engine LLC. Yang menarik adalah pesawat jet yang dibuat Honda. Yaitu pesawat jet pribadi buatan Honda ini yang diberi nama Honda HA-420 HondaJet.

Pesawat pribadi HondaJet yang pertama kali digagas oleh Michimasa Fujino, President & CEO Honda Aircraft Company.

Pada 1986, Michimasa Fujino merupakan lulusan sarjana Teknik Penerbangan dari Universitas Tokyo.

Advertisement

Setelah lulus kuliah Michimasa Fujino bekerja di Honda 3 tahun bagian produksi movil sebelum dipindahkan ke Pusat Riset Teknologi di Tokyo untuk proyek pesawat Honda.

Proyek pesawat Honda berlangsung naik turun di tengah krisis ekonomi Jepang pada 1990, dan pada 1997 Fujino memutuskan pindah ke Amerika untuk studi pesawat.

Pada tahun 2003, Honda berhasil membuat prototype pesawat dan melakukan uji coba terbang selama 1 jam di Bandara Internasional Piedmont Triad, Greensboro, Amerika.

Barulah kemudian pada 2006, Honda mengkomersilkan produk pesawat Honda H-420 HondaJet nya setelah mengikuti National Business Aviation Association di Florida, Amerika dan mendapat 100 pesanan.

100 pesawat itu baru sampai ke pembeli di tahun 2015 usai mendapat sertifikasi dari Federal Aviation Administration.

Advertisement

Kini, pesawat  Hondajet sudah terjual lebih dari 150 unit di Amerika, Asia Tenggara, Tiongkok, Timur Tengah, India dan Jepang.

Pencapaian tersebut semakin mengukuhkan Hondajet sebagai jet ringan yang paling banyak terjual di kelasnya pada tahun 2017, 2018 dan 2019. Keren ya!***

Lanjutkan Membaca
Advertisement