Connect with us

Lifestyle

6 Manfaat Masker Lidah Buaya, Baik untuk Kesehatan Kulit Wajah

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat masker lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Masker lidah buaya dikenal sebagai salah satu perawatan wajah alami yang mampu melembapkan kulit. Selain itu, manfaat masker lidah buaya masih banyak yang mungkin belum anda tahu.

Dikutip dari artikel prevention, Joel Schlessinger, M.D., seorang dokter kulit bersertifikat dan ahli kosmetik yang berbasis di Omaha menyebutkan bahwa lidah buaya adalah tanaman mirip kaktus yang dikenal dengan khasiat penyembuhan dan pengobatannya.

Meskipun gel lidah buaya tidak mungkin memperbaiki masalah kulit dengan sendirinya, tapi jika digunakan bersama dengan produk lain, gel lidah buaya dapat membantu mempercepat prosesnya.

Berikut beberapa manfaat masker lidah buaya yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengatasi Sengatan Matahari

Manfaat masker lidah buaya yang pertama adalah dapat mengatasi sengatan matahari. Kenneth Mark, M,D., seorang dokter kulit bersertifikat yang tinggal di New York dan ahli bedah kanker kulit di Mohs, menyebutkan bahwa gel lidah buaya mengandung senyawa yang disebut dengan polisakarida yang mendorong perbaikan kulit dan sel-sel kulit baru terbentuk.

Advertisement

Gel ini juga mengandung pereda nyeri yang disebut karboksipeptidase, itulah yang menyebabkan kenapa lidah buaya dapat menenangkan kulit.

2.Melawan Jerawat

Manfaat masker lidah buaya yang kedua adalah dapat melawan jerawat. Selain memiliki kemampuan antibakteri yang baik, masker lidah buaya juga mengandung asam salisilat, yang bisa membantu membuka pori-pori sehingga sangat membantu mengatasi jerawat dan komedo.

Baca juga: 6 Manfaat Masker Timun, Ternyata dapat Mencegah Penuaan

3. Menyamarkan Tanda Penuaan

Manfaat masker lidah buaya yang ketiga adalah menyamarkan tanda penuaan. Lidah buaya mampu merangsang aktivitas fibroblas, sehingga dapat meningkatkan produksi kolagen dan serat elastis yang membuat kulit terlalu keriput dan lebih elastis.

Sementara itu, seng bertindak sebagai astringent untuk mengencangkan pori-pori dan antioksidan, seperti vitamin C dan E yang membantu mencegah pembentukan radikal bebas.

4. Eskfoliasi Ringan

Manfaat masker lidah buaya yang keempat adalah eksfoliasi ringan. Dalam lidah buaya juga terkandung asam salisilat dan berfungsi sebagai exfoliator yang dapat membantu mengelupas sel kulit mati dengan lembut.

Advertisement

Lidah buaya juga mengandung lignin yang merupakan zat yang dapat meningkatkan efek penetrasi bahan lain ke dalam kulit, sehingga ia akan membantu penyerapan produk-produk perawatan wajah lain.

Baca juga: 6 Manfaat Masker Green Tea, dapat Menenangkan Kulit Terbakar

5. Menyamarkan Flek Hitam

Manfaat masker lidah buaya yang kelima adalah menyamarkan flek hitam. Masker lidah buaya juga dapat mencegah tirosinase yang merupakan enzim yang bertanggung jawab untuk perubahan warna kulit, dari melakukan tugasnya yakni menekan hiperpigmentasi yang diinduksi UV dan efek merusak kulit dari sengatan matahari.

Mekanisme ini juga membantu mencegah bintik hitam, sementara berbagai antioksidan yang dikandungnya seperti glutathione peroxide yang juga dapat memudarkan kerusakan akibat sinar matahari yang sudah terbentuk.

6. Memberikan Kelembapan

Manfaat masker lidah buaya yang keenam adalah memberikan kelembapan. Masker lidah buaya mampu melembapkan kulit tanpa rasa berminyak setelah diaplikasikan ke kulit.

Hal ini akan membantu mengunci kelembapan ke dalam kulit, sekaligus bertindak sebagai lem yang membuat lapisan atas sel kulit yang saling menempel.*** (Hana Chaniago)

Advertisement

Lanjutkan Membaca