Connect with us

Lifestyle

7 Latihan Gerakan Keseimbangan yang Dapat Kamu Coba Di Rumah

Avatar

Diterbitkan

pada

Latihan Gerakan Keseimbangan

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Latihan gerakan keseimbangan dapat membantu kita untuk meningkatkan kemampuan gerakan tubuh secara keseluruhan dan menjaga kestabilan saraf.

Tidak hanya itu saja, latihan gerakan keseimbangan juga dapat membantu tubuh menjaga berat badan serta tubuh menjadi lebih bugar.

Hal ini dikarenakan saat melatih gerakan keseimbangan, maka tubuh akan terus bergerak sehingga otot-otot di dalamnya bisa lebih kuat dan terlatih dengan baik. Latihan keseimbangan bagi orang dewasa sebenarnya dapat dilakukan di dalam ruangan maupun di luar rumah.

Baca juga: Plank, Gerak Badan Sederhana tapi Manfaatnya Wow

Berikut beberapa latihan gerakan keseimbangan yang sudah faktualid.com dari berbagai sumber.

1. Standing Tree Pose

Latihan Gerakan Keseimbangan

Standing Tree Pose (Foto: Istimewa)

Latihan gerakan keseimbangan yang pertama adalah standing tree pose. Gerakan ini paling umum dilakukan dan paling mudah untuk kamu lakukan sendiri di rumah. Selain dapat menjaga keseimbangan, pose ini juga dapat memperkuat otot pergelangan kaki.

Untuk melakukan pose ini, kamu harus berdiri dengan satu kaki. Kaki yang satunya bisa kamu tempelkan pada sisi betis kaki lainnya sehingga posenya mirip dengan pohon. Gerakan ini bisa menjaga keseimbangan tubuh.

Advertisement

2. Single Leg Deadlift

Latihan keseimbangan yang kedua adalah single leg deadlift. Pose ini melatih keseimbangan tubuh dan memperkuat otot paha, perut, dan bongkong. Jadi, jika kamu ingin mengencangkan paha dan perut dapat mencoba gerakan ini.

Cara melakukannya cukup mudah, Pertama-tama hamu harus dalam posisi berdiri dengan satu kaki, sementara kaki yang lainnya harus diangkat ke belakang. Posisi tubuh agak membungkuk seperti pose pesawat terbang.

Lalu letakkan tangan menyentuh jari kaki. Selain gerakkan menyentuh jari kaki, kamu juga bisa menggunakan barbel. Jadi, barbel harus diangkat dengan satu tangan. Ulangi gerakan ini selama beberapa kali.

Baca juga: 6 Manfaat Jumping Jack, Yuk Latihan Mulai Sekarang!

3. Standing Crunch With Under The Leg Clap

Gerakan ini memang cukup sulit, namun memiliki banyak manfaat yang mampu menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu, gerakan ini juga melatih otot lengan, kaki, paha, perut dan juga betis.

Untuk melakukannya, kamu harus berdiri dengan posisi salah satu kaki yang terangkat ke atas hingga pinggang. Setelah itu, lakukan gerakan bertepuk tangan pada bagian bawah paha kaki yang diangkat tersebut.

Advertisement

Angkat kedua tangan dan lakukan gerakan tepuk tangan tepat di atas kepala. Kamu tinggal melakukan kegiatan ini hingga 10 kali sebelum berganti posisi dengan kaki yang lainnya.

4. Plank With Hand or Leg Lifts

Latihan Gerakan Keseimbangan

Plank With Hand or Leg Lifts (Foto: Istimewa)

Latihan gerakan keseimbangan yang keempat adalah plank with hand or leg lifts. Gerakan plank banyak digunakan dalam senam atau pemanasan sebelum olahraga. Salah stau gerakan yang bisa kamu gunakan untuk melatih keseimbangan adalah plank with hand or leg lifts.

Cara melakukannya cukup mudah, pertama kamu harus memposisikan tubuh berbaring ke arah samping dnegan bagian tangan bawah yang menumpu berat badan. Lalu setelah itu, angkat kaki dan tangan yang ada di atas.

Lakukan gerakan ini sebanyak 8 hingga 10 kali. Setelah itu, pindah posisi untuk berbaring ke arah sisi yang satunya. Lakukan gerakan yang sama dengan mengangkat kaki dan tangan yang ada di atas.

5. Leaning Star Pose

Latihan gerakan keseimbangan yang kelima adalah leaning star pose. Gerakan bisa memengaruhi koordinasi tubuh secara keseluruhan. Untuk melakukan gerakan ini, kamu perlu berdiri dengan merentangkan kedua kaki lalu kedua tangan di angkat ke atas.

Baca juga: 7 Teknik Membentuk Otot Perut Pria dan Wanita, dapat Dilakukan Di Rumah

Seteah itu, miringkan badan ke salah satu sisi dengan kedua tangan tetap berada di atas sementara salah satu kaki diangkat. Kamu bisa bergantian melakukan hal ini setelah 1-3 detik.

Advertisement

6. Heel to Toe Walking

Latihan gerakan keseimbangan yang keenam adalah heal to toe walking. Gerakan ini sebenarnya adalah gerakan berjalan. Hal yang membuatnya berbeda adalah kamu harus berjalan dengan menggunakan bagian bawah jari atau bagian depat telapak kaki.

Kamu bisa melakukan gerakan ini sambil mengikuti garis lurus sambil mata pandangan tetap ke depan. Dengan melakukan gerakan keseimbangan ini, kamu tidak hanya bisa menjaga keseimbangan tetapi juga bisa melatih otot kaki dan tangan.

7. High knee Walking

Latihan gerakan keseimbangan yang terakhir adalah high knee walking. Gerakan ini juga tidak sulit karena pada pada dasarnya adalah gerakan berjalan sehingga bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah.

Cara melakukannya cukup mudah, kamu hanya perlu berjalan seperti biasa, tapi dengan lutut yang diangkat lebih tinggi hingga mencapai bagian perut. Gerakan ini dapat melatih keseimbangan kamu saat berjalan karena hanya bertumpu pada satu kaki saja.*** (Hana Chaniago)

Advertisement
Lanjutkan Membaca