Connect with us

Lifestyle

6 Amalan Menjelang Ramadhan, Perlu Diterapkan Umat Muslim

Avatar

Diterbitkan

pada

amalan menjelang Ramadhan

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling mulia bagi umat Islam. Layaknya suatu perlombaan, Ramadhan merupakan perlombaan bagi orang-orang beriman. Sebelum melakukan perlombaan, terdapat amalan menjelang ramadhan yang bisa dilakukan agar puasa ibadah lainnya dapat sukses.

Pada bulan ini, setiap muslim diwajibkan untuk berpuasa. Sebagaimana diperintahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 185.

Artinya: “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka berpuasalah.” (QS. Al Baqarah: 185).

Menurut Kalender Islam Global 1443 H, diperkirakan Ramadhan 2022 jatuh pada Sabtu, 2 April. Ini artinya, kurang dari 7 hari umat Islam akan dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan. Sebagai umat Islam, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan diri dengan memperbanyak amalan untuk menyambut datangnya bulan suci.

Baca juga: 6 Bahaya Mengonsumsi Makanan Tidak Halal, Tinggalkan!

Amalan menjelang Ramadhan memiliki keutamaan yang besar bagi yang melaksanakan. Apalagi, jika diaplikasikan di bulan suci nanti sehingga amal ibadah akan dilipat gandakan pahalanya.

Advertisement

Berikut beberapa amalan menjelang Ramadhan yang baik untuk diterapkan, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Membayar hutang puasa

Amalan menjelang Ramadhan yang pertama yaitu membayar hutang puasa. Bagi para pria, mungkin jarang sekali mempunyai hutang puasa. Namun bagi wanita, mereka kerap kedatangan “tamu bulanan” sehingga tidak bisa berpuasa dan wajib membayarnya.

Hal ini merupakan persiapan yang paling penting dan wajib dilakukan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan. Hutang puasa dapat diganti sepanjang tahun hingga bulan Syaban. Untuk itu, hendaklah melunasi hutang puasa sebelum berakhirnya Syaban.

2. Berdoa agar dipertemukan dengan Bulan Suci Ramadhan

Sebagai umat muslim, Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan kemuliaan yang mempunyai keutamaaan. Amalan yang dilakukan bulan Ramadhan akan dilipat gandakan dari bulan lainnya. Untuk itu, amalan menjelang Ramadhan yang simpel namun kerap terlupakan adalah memperbanyak doa agar dapat berjumpa dengan bulan Ramadan.

Dalam sebuah hadits riwayat yang diriwayatkan oleh sebagian ulama salaf, mereka berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala mereka melakukannya selama 6 bulan menjelang Ramadan dan 5 bulan setelahnya agar amalannya diterima.

Advertisement

Dengan berdoa demikian, ini dapat menjadi salah satu bentuk pengharapan seorang hamba supaya bisa berjumpa dengan bulan yang paling agung dan penuh keberkahan. Jika dipertemukan, Anda bisa banyak beramal di bulan tersebut dan jangan di sia-siakan.

3. Memperbanyak membaca Al-Qur’an

Amalan menjelang Ramadhan berikutnya yaitu memperbanyak membaca Al-Qur’an. Jika belum terlalu lancar, jangan menyerah untuk tetap belajar. Orang yang masih terbata-bata mempunyai ganjaran sendiri sebagaimana yang ada dalam sebuah hadist.

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda, “Orang yang ahli dalamAlquran akan berada bersama malaikat pencatat yang mulia lagi benar, dan orang terbata-bata membaca Al-Qur’an Radhiyallahu ‘Anha sedang ia bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud).

Baca juga: Lari Cocok untuk Olahraga selama Ramadhan, Persiapkan Nutrisinya

Bahkan, seorang ulama saat memasuki bulan Syaban, beliau menutup tokonya lalu memfokuskan diri untuk membaca Al Quran.

4. Menata niat

Selain memperbanyak membaca Al-Qur’an, amalan menjelang Ramadhan yang perlu dilakukan lainnya adalah menata niat. Terkadang, seseorang memasuki bulan Ramadhan hanya mengetahui larangan makan dan minum saja. Padahal, ada hal yang perlu dipersiapkan.

Advertisement

Menata niat kerapkali terlupakan sebagian muslim. Oleh karena itu, persiapkan niat dan kondisi hati dengan bergembira menyambut datangnya Ramadan. Sederhananya, menata niat merupakan konsekuensi yang logis jika Anda sudah mengetahui kemuliaan dan berlimpahnya ampunan Allah Subhanahu Wa Ta’ala pada bulan Ramadhan.

5. Bertaubat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Salah satu amalan menjelang Ramadhan yang terpenting adalah bertaubat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ketika meminta ampunan, luruskan niat dengan taubat nasuha agar Allah mengampuni segala dosa hambanya dan agar mampu menghidupkan bulan Ramadan dengan tekad yang murni dan tulus.

Para ulama sudah menekankan bahwa amalan taubat tak hanya dilakukan menjelang Ramadhan, tapi juga setiap saat secara berkala. Pasalnya, sebagai manusia tidak tahu kapan ajal akan menjemput. Dengan bertaubat, Insya Allah Anda dapat menjalankan ibadah dengan maksimal dan hati yang lebih tulus.

6. Memperdalam ilmu agama Islam

Amalan menjelang Ramadhan yang terakhir adalah memperdalam ilmu agama Islam. Khususnya terkait ibadah yang akan dilakukan di bulan Ramadhan, seperti keutamaan bulan Ramadhan, masalah hukum, tata cara, dan berbagai aturan syariat yang berkaitan dengan puasa agar sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

Syarat diterimanya amal setelah ikhlas adalah mutaba’ah, yakni amal yang dilakukan harus benar dan sesuai syariat serta sunnah. Oleh sebab itu, memperdalam kembali ilmu agama begitu penting dilakukan.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca