Connect with us

Lifestyle

Wanita Viral, Berat 100 Kg Turun Jadi 53 Kg Tanpa Diet Ketat

Avatar

Diterbitkan

pada

Wanita viral sempat memiliki berat badan 100kg, kini turun menjadi 53kg. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Seorang wanita asal Surabaya mengunggah perjuangannya menurunkan berat badan dari 100kg menjadi hingga 53kg dalam dua tahun.

Memang dia melakukannya tidak secara ekstrem. Namun dia berhasil menurunkan berat badan sebanyak hampir 50 kg dalam dua tahun. Itu luar biasa.

Wanita itu bernama Anisah Nurul Izzah yang mengunggah perjalanan dietnya di akun TikTok @ichausss. Dalam unggahannya Anisah mengaku kerap mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dan dirundung karena berat badan.

“Ngeditnya sambil mangis inget banget dulu dihujat ya gimana dan juga sering banget dijauhin cowok gara-gara alasan fisik. Ini aku sebelum diet masih menganggap bahwa gendut gakpapa asal kita jadi apa adanya,” tulis akun TikTok @ichausss.

Anisah memperlihatkan berbagai foto dirinya zaman dulu yang tetap tampil percaya diri meski tubuhnya berisi. Namun karena terus mendapat komentar tentang berat badan, Anisah memutuskan untuk diet.

Advertisement

“Tapi akhirnya merasa aku harus berubah karena berkali-kali diremehkan dan dibuat sakit hati karena urusan fisik. Ini hari pertama diet memutuskan foto biar tahu before afternya. Makannya beda menu sama yang lain, karena memang hari pertama diet,” kenang Anisah dalam akun TikToknya.

Ia menuturkan semenjak diet jadi lebih sering olahraga, terutama olahraga sepeda. Dan setelah konsisten menjaga pola makan dan olahraga, Anisah berhasil menurunkan berat badan yang awalnya 100 kg menjadi 53 kg.

“Sekarang makin percaya diri buat foto walaupun dilihatin orang banyak hehee. Alhamdulillah sekarang setelah dua tahun diet berat badan ku 53 kg. Terima kasih diriku,” ucap Anisah terharu.

Unggahan Anisah sudah ditonton lebih dari 864,1 ribu Views dan 63,9 ribu Likes. Warganet rata-rata ada yang ingin mengikuti jejak Anisah dalam menurunkan berat badan dan ada juga yang memuji perjuangannya.

Mengutip Detik.com, wanita yang berasal dari Pamekasan, Madura, Jawa Timur ini mengungkapkan alasannya mulai diet sejak 26 Desember 2020.

Advertisement

Ia menuturkan berat badannya sudah mulai turun enam bulan setelah diet. Masih teringat jelas ia sering mendapat komentar negatif tentang berat badannya.

Sering Makan Tapi Sedikit

Wanita berusia 24 tahun yang kerap disapa Icha ini menjelaskan caranya menurunkan berat badan dengan menjaga pola makan dan olahraga agar tubuhnya tetap sehat dan bugar.

“Saya menerapkan makan sering tapi sedikit. Bisa makan 5-6 kali sehari tapi sekali makan sedikit. Jadi membiasakan lambung dengan porsi sedikit, kalau makan banyak jadi cepat kenyang,” kata Icha.

Anak pertama dari tiga orang bersaudara ini memberikan contoh pada pagi hari jam 07.00 WIB, dia minum susu. Setelah itu pukul 10.00 WIB mengonsumsi buah-buahan. Setelah masuk jam makan siang, Icha tetap makan makanan berat dan pukul 14.00 WIB menyantap camilan.

Advertisement

Kemudian pukul 19.00 WIB mulai makan berat dan pada 21.00 WIB mengonsumsi buah dan air lemon. Ia juga menjalani defisit kalori selama dua tahun.

“Makanan yang dimakan tidak melebihi kalori harian yang dibutuhkan tubuh, bahkan kalau bisa kurang dari itu,” tambah Icha.

Agar tidak merasa bosan, Icha juga kerap mengganti jenis olahraga. “Kadang jalan 45 menit nonstop. Kadang lompat tali. Kalau Jumat biasanya renang. Terus kadang workout sendiri di rumah ikut channel Youtube nya Emi Wong,” jelasnya.

Setelah berhasil menurunkan berat badan, Icha mengungkapkan perubahan yang ia rasakan langsung. Kulit wajahnya terasa lebih sehat dan percaya diri.

“Pastinya merasa lebih enteng sih, dari sebelum diet sebenernya aku sudah lincah tapi sekarang kerasa banget makin makin enteng. Terus pengaruh ke kulit juga jadi makin sehat. Jarang jerawatan. Lebih percaya diri. Jauh lebih percaya diri,” terang Icha bahagia.

Advertisement

Kegiatan sehari-hari, Icha saat ini sedang melanjutkan studi S-2 jurusan Teknik Mesin di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), sambil mencari penghasilan tambahan. Ia pun memberikan reaksi keluarga dan kerabat dekatnya ketika melihat perubahan Icha.

“Kalau teman-teman sampai nggak kenal aku siapa. Karena berubah drastis. Kalau keluarga terharu dan bangga aja ngeliat aku bisa konsisten selama ini,” tutur Icha haru.

Di akhir wawancara, Icha juga menyebutkan cara dirinya untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. “Atur makanan aja sih, gimana caranya makan nggak di atas kalori harian dan tetap memenuhi asupan harian (karbo, protein, serat dan lain-lain),” pungkasnya.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca