Connect with us

Lifestyle

Mudahnya Memanfaatkan Buah Pisang untuk Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Avatar

Diterbitkan

pada

Ilustrasi kaki pecah-pecah yang harus dirawat. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Kerap berjalan kaki atau jarang mengenakan sepatu tertutup bisa membuat telapak kaki pecah-pecah, terutama bagian tumit.  Demikian pula paparan udara panas dan tingkat kelembapan yang rendah membuat kulit kaki lebih rentan yang menyebabkan kaki pecah-pecah.

Agar kaki terhindar dari pecah-pecah memang perlu perawatan khusus, tapi bagi kamu yang pemalas, sepertinya kamu bisa menggunakan kulit pisang. Oleskan kulit pisang pada bagian kakimu yang pecah-pecah.

Atau kamu bisa memanfaatkan buahnya, dijadikan masker campur dengan madu. Lalu aduk sehingga membentuk pasta atau gel. Kemudian oleskan setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah dioleskan, diamkan beberapa menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

Selain dengan menggunakan pisang, kamu juga bisa menggunakan zaitun, shea butter, madu dan oatmeal untuk merawat kaki pecah-pecah. Caranya bagaimana?

  1. Minyak Zaitun

Seperti banyak diketahui, minyak zaitun memiliki banyak manfaat yang berguna untuk membantu melembapkan kulit tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Mengoleskan minyak zaitun pada kaki pecah-pecah dapat membantu menghaluskan dan mengembalikan kulit kaki seperti semula.

  1. Shea Butter

Shea butter merupakan minyak berlemak yang memiliki bentuk padat, berasal dari ekstrak kacang pohon shea. Manfaat dari shea butter berguna untuk melembapkan kulit dan mengembalikan elastisitas kulit. Sehingga, elastisitas pada tumit kaki pecah-pecah dapat berkurang dengan rutin mengoleskan shea butter.

  1. Madu

Madu dianggap mampu membantu menyembuhkan kaki pecah-pecah yang berguna sebagai antiseptik. Khasiat madu yang dapat menenangkan dan membantu melembapkan kulit.

Beauties dapat menggunakan madu ditambahkan ke dalam air hangat, dan kaki pecah-pecah direndam dalam campuran tersebut. Sambil dipijat selama 20 menit, Beauties dapat melihat hasilnya dalam beberapa minggu.

Advertisement

4. Oatmeal

Oatmeal memiliki banyak manfaat bagi kulit, salah satunya berguna untuk eksfoliasi kulit. Mencampurkan oatmeal dengan minyak kelapa atau zaitun ke dalam mangkuk, hingga berbentuk pasta.

Lalu, dioleskan pada tumit kaki pecah-pecah, dipercaya dapat menyembuhkan kulit iritasi. Ulangi penggunaan tersebut selama 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mudah bukan?***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement