Connect with us

Lifestyle

Jangan Lakukan Ini! Jika Anda Tak Ingin Cepat Tua

Avatar

Diterbitkan

pada

Ilustrasi wajah cepat tua jika banyak masalah yang dipikir.(ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Setiap orang pasti akan menjadi tua. Namun menjaga supaya tetap awet muda sangat penting, khususnya bagi kaum wanita.

Banyak cara untuk membuat wajah tetap kencang dan awet muda. Tapi itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jika ingin terlihat awet muda dengan murah meriah, Anda bisa memulainya dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bikin wajah cepat tua.

Apa saja? Mengutip CNN, sebaiknya Anda menghindari hal-hal di bawah ini supaya tidak cepat tua:

1. Aktivitas luar tanpa tabir surya

Aktivitas di luar ruang membuat Anda terpapar sinar matahari terlalu lama. Anda mungkin tenang-tenang saja sebab kulit terlihat tak bermasalah.

Advertisement

Namun, jangan lupa 6⁶⁶⁶⁶ tabir surya dengan kandungan SPF setidaknya 15-20. Mengutip QG, paparan sinar matahari perlahan bisa membuat wajah terlihat lebih tua.

2. Minum soda

Minuman soda dan minuman yang menggunakan pemanis buatan bisa membuat wajah cepat tua.

Seperti dikutip dari Eat This, Not That!, riset dari University of California-San Francisco menemukan, orang yang meneguk minuman manis seperti soda memiliki telomer (komponen sel yang menyimpan DNA) lebih pendek dan mati. Telomer jadi salah satu kunci rahasia kulit awet muda.

“Konsumsi soda manis secara teratur memengaruhi perkembangan penyakit metabolik melalui penuaan sel yang dipercepat,” tulis peneliti dalam studi.

Advertisement

3. Begadang

Begadang hingga kurang tidur jadi salah satu kebiasaan yang bikin wajah terlihat tua. Selama tidur, sistem tubuh akan mengadakan pembaharuan dan perbaikan, termasuk pada kulit. Proses tak akan berjalan lengkap jika Anda kurang tidur.

4. Jarang Gerak
Mager alias malas gerak? Siap-siap saja terlihat lebih tua.

Tubuh yang aktif akan menjaga kondisi otot dan kulit. Olahraga akan membuat kulit terlihat lebih sehat.

5. Membiarkan stres

Advertisement

Nah, jangan biarkan hidup Anda dipenuhi stres. Memang, tak ada siapa pun yang bisa menghindari stres. Ada kalanya stres dalam porsi yang pas akan mendorong kinerja seseorang sehingga mampu melewati tantangan.

Namun, stres berlebih yang dibiarkan berlama-lama perlahan akan membuat wajah terlihat tua.

Hormon kortisol akan meningkat saat stres. Hormon ini memengaruhi sistem tubuh, termasuk kesehatan kulit. Jadi, nikmati masalah hidup dengan rileks sambil perlahan mencari solusi.

6. Terlalu banyak bergaul dengan gawai

Rasanya segala aktivitas terpusat di gawai. Mata seolah terpaku pada layar hampir 24/7. Namun, siapa sangka jika paparan cahaya biru (blue light) dari layar gawai akan mempengaruhi kesehatan kulit?

Advertisement

Paparan gawai dalam waktu lama jadi salah satu penyebab wajah cepat tua. Sebaiknya mulai kurangi intensitas paparan gawai dan menggantinya dengan aktivitas lain seperti membaca buku, berkebun, dan hobi lainnya.

7. Makan asal kenyang

Ini banyak terjadi di kota besar di mana kalangan pekerja memilih makan apa pun yang penting kenyang dan menghasilkan tenaga.

Padahal, Anda perlu makanan bergizi seimbang. Anda perlu mengisi tubuh dengan nutrisi seperti asam lemak omega 3, antioksidan, serat, makanan dengan indeks glikemik rendah, dan vitamin termasuk vitamin A, C, dan E.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca